Kenapa Benih Lobster Tak Dibudidaya Saja? Ini Kendalanya Kata KKP

Kompas.com - 19/12/2019, 08:35 WIB
Lobster. Getty/IndependentLobster.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengaku tak akan mundur untuk mengkaji wacana eskpor lobster ke Vietnam.

Wacana itu menuai pro dan kontra, banyak yang menyarankan lebih baik lobster dibudidaya di dalam negeri dan ekspor saat sudah dewasa sehingga harganya lebih tinggi.

Namun Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengungkapkan, ada berbagai hal yang membuat budidaya lobster sulit dikembangkan dan tak optimal di Indonesia.

Baca juga: Edhy soal Ekspor Benih Lobster: Saya Tidak Akan Mundur

Pertama, soal tempat. Ia menyebut selama ini budidaya lobster masih bercampur dengan budidaya ikan.

"Kalau secara teknologi kita enggak kalah. Tapi kalau Vietnam itu secara masif di dalam satu kawasan. Kalau kita ini kan bercampur juga dengan kerapu dan budidaya yang lain. Jadinya (budidaya lobster) sebagai sambilan," kata Slamet di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Kedua, soal pakan. Slamet menuturkan, sulitnya budidaya lobster di dalam negeri juga terjadi karena belum adanya pakan yang sesuai untuk lobster.

Sejauh ini, pakan lobster masih menggunakan ikan rucah yang gizinya terbatas.

Baca juga: Bantah Edhy, Susi Pamer Data Ekspor Lobster RI Meningkat Sejak 2016

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X