5 Tips Rencanakan Anggaran Awal Tahun agar Bisnis Kecil Untung Gede

Kompas.com - 20/12/2019, 14:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memasuki tahun 2020 saatnya bagi Anda mulai memikirkan perencana anggaran untuk pengembangan usaha kecil Anda.

Perencanaan yang matang di awal tahun 2020 mungkin akan sedikit sulit. Pasalnya tahun 2020 akan penuh dengan ketidakpastian.

Sentimen perang tarif AS-China mereda dan berujung pada kesepakatan tahap pertama, namun masih ada kesepakan fase kedua yang masih abu-abu.

Di sisi lain, IMF dan World Bank sudah mengingatkan potensi resesi global tahun 2020 yang akan terjadi. Hal dinilai akan akan memperlambat laju perekonomian di seluruh negara di dunia.

Dalam memasuki masa perekonomian yang tidak stabil bagi perekonomian, rencana anggaran usaha Anda di tahun 2020 harus benar-benar Anda persiapkan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi kerugian dalam bisnis Anda.

Berikut adalah lima tips penganggaran untuk usaha kecil pada tahun 2020:

1. Konsentrasi Dana Darurat

 Memiliki dana darurat untuk membantu Anda menangani biaya tak terduga adalah hal penting karena dapat mendukung anggaran dalam bisnis Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masalah perekonomian di tahun 2020 yang diproyeksikan oleh para analis, dapat membuat Anda bersiap dengan kondisi terburuk. Maka dari itu, Anda perlu melakukan antisipasi.

Ini tidak hanya berbicara tentang biaya yang berkaitan dengan tarif atau mengurangi pengeluaran konsumen. Dana darurat dapat membantu mengembalikan bisnis Anda segera, bila mana ada kondisi finansial bisnis Anda memburuk.

Faktanya, memiliki dana darurat itu sangat penting. Menurut Federal Emergency Management Agency (FEMA), 90 persen bisnis akan tutup maksimal lima hari jika menggunakan dana darurat dalan penyelamatan bisnis yang gagal.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.