Mau Dapat Untung dari Dividen? Simak Ini

Kompas.com - 26/12/2019, 07:19 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal tahun 2020 menjadi berkah tersendiri bagi pemegang saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Mulia Boga Raya ( KEJU), hingga PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk (MFMI).

Pasalnya, ketiga emiten ini akan membagikan dividen interim pada awal tahun depan.

ADRO misalnya, akan membagikan dividen sebesar 0,00469 dollar AS per saham atau jika dikonversikan dengan kurs rupiah saat ini (Rp 13.988 per dolar AS), maka nilai dividen yang akan dibagikan sebesar Rp 65,60. Adapun yield  (imbal hasil) dividen ADRO adalah sebesar 4,15 persen.

Sementara itu, KEJU akan membagikan dividen interim sebesar Rp 33 per saham dengan yield dividen sebesar 3,67 persen.

Baca juga: DPR Minta Dividen BUMN Naik Menjadi Rp 49 Triliun di 2020

Kemudian MFMI akan membagikan dividen sebesar Rp 132 per saham dan dengan yield dividen 14,83 persen.

Analis OSO Sekuritas Sukarno Alatas menilai, menarik atau tidaknya suatu dividen yang ditebar tergantung dari preferensi dan orientasi jangka waktu investor.

Bagi investor yang berorientasi jangka panjang, ia menilai yield dividen yang menarik adalah yang nilainya sama dengan suku bunga deposito atau bahkan lebih tinggi.

Selain itu, yield dividen di atas 3 persen juga dinilai menarik dengan catatan tetap mempertimbangkan dan menghitung capital gain dari saham yang bersangkutan.

“Jadi, harus memperhatikan kinerjanya juga dengan harapan mendapat dividen dan capital gain,” ujar Sukarno.

Baca juga: Gudang Garam Bagikan Dividen Rp 2.600 Per Saham

Sementara itu, investor dengan orientasi jangka pendek biasanya hanya memanfaatkan kenaikan harga sampai cum date atau cum dividen berlaku.

Terakhir, Sukarno mengatakan ,intensitas suatu emiten dalam menebar berkah dividen dapat menjadi salah satu pertimbangan investor dalam memilih saham.

Tentunya tanpa mengesampingkan aspek fundamental emiten yang bersangkutan. (Akhmad Suryahadi)

Artikel ini telah yang di Kontan.co.id dengan judul Ingin ambil untung dari dividen, simak kriteria yang harus diperhatikan

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X