Siang Ini, KA Bandara Adi Soemarmo Resmi Beroperasi, Tiketnya Gratis

Kompas.com - 29/12/2019, 13:27 WIB
Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) bersiap melakukan perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari. ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHAKaryawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) bersiap melakukan perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mulai mengoperasikan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo mulai hari ini, Minggu (29/12/2019).

Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Angkasa Pura I melakukan soft opening keberangkatan kereta pertama dari Stasiun Balapan di Kota Surakarta menuju Bandara Adi Soemarmo yang masuk wilayah Kabupaten Boyolali.

"Softlaunching nanti jam 14.00," kata Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia ( KAI) Yuskal Setiawan kepada Kompas.com, Minggu (29/12/2019).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan kalau kereta Bandara Adi Soemarmo sudah siap beroperasi melayani penumpang.

"Pada dasarnya sudah siap 100 persen. Besok (Minggu) akan kita lakukan soft opening untuk dioperasikan secara terbatas. Headway (jeda antara kedatangan kereta)-nya mungkin 1 jam," kata Budi saat meninjau kesiapan fasilitas Kereta Api Bandara di Stasiun Solo Balapan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019).

Baca juga: Pembangunan Jalur KA Bandara Adi Soemarmo Ditargetkan Rampung Akhir 2019

Dikatakan Budi, tarif tiket KA Bandara di Solo ini masih digratiskan selama sebulan ke depan.

"Sementara dua bulan ini nanti tarif tiketnya Rp 0. Setelah itu akan kita kaji lagi," kata Budi menambahkan.

Penggratisan tarif tiket untuk dua bulan pertama pengoperasian agar anak-anak sekolah dan masyarakat dari luar Solo, seperti Wonogiri, Sragen yang ingin pergi ke Bandara Adi Soemarmo bisa menggunakan antar modal terintegrasi itu.

Selain itu, pemerintah ingin Kereta Api Bandara Adi Soemarmo menjadi contoh moda transportasi terintegrasi yang baik bagi masyarakat.

"Bayangkan orang dari Wonogiri, orang dari Madiun turun di Terminal Tirtonadi bisa langsung ke Bandara Adi Soemarmo dan ke mana-mana," ungkap Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X