Jokowi: Jangan Sampai Pinjam ke Rentenir, Hati-hati...

Kompas.com - 31/12/2019, 13:21 WIB
Presiden Jokowi berdialog dengan warga saat Peluncuran Bersama Bank Wakaf Mikro ?APIK KALIWUNGU DAN AL FADLLU KENDAL?, di Pondok Pesantren APIK, Kabupaten Kendal, Jateng, Senin (30/12) sore. (Foto: JAY/Humas) Setkab.go.idPresiden Jokowi berdialog dengan warga saat Peluncuran Bersama Bank Wakaf Mikro ?APIK KALIWUNGU DAN AL FADLLU KENDAL?, di Pondok Pesantren APIK, Kabupaten Kendal, Jateng, Senin (30/12) sore. (Foto: JAY/Humas)

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta warga yang tinggal di sekitar pesantrean dan ingin membesar usahanya tidak meminjam ke rentenir.

Sebab seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Jokowi menyebut pemerintah telah membangun 56 Bank Wakaf Mikro di pondok-pondok pesantren yang ada di tanah air.

“Jangan sampai pinjamnya ke rentenir, hati-hati, hati-hati nggih. Setop. Sekarang sudah ada Bank Wakaf Mikro,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada Peluncuran Bersama Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren APIK, Kendal, Jawa Tengah, Senin (30/12/2019).

Baca juga: Jokowi: Jualan Sekarang Enggak Hanya Bisa di Darat...

 

Presiden mengatakan 56 Bank Wakaf Mikro yang dibangun pemerintah telah menjangkau 25.000 usaha mikro, usaha kecil.

Sementara itu jumlah dana bantuan pinjaman yang disalurkan telah mencapai Rp 34 miliar.

Tak sampai disitu, Presiden juga mengatakan akan membuka 50 bank wakaf mikro lagi. Ia berharap Bank Wakaf tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat di sekitar pesantren.

"Ini patut kita syukuri, alhamdulillah,” kata Jokowi.

Baca juga: Jadwal, Rute dan Pengalihan Koridor Transjakarta Saat Malam Tahun Baru

Ia memastikan, pemerintah akan terus membuka sebanyak-banyaknya Bank Wakaf Mikro agar masyarakat gampang mencari modal dari usaha-usaha mikro di lingkungan pondok pesantren.

Sebab kata dia, Bank Wakaf Mikro dikhususkan untuk segmen usaha-usaha kecil dan usaha-usaha mikro. Ia berharap, pinjaman dari Bank Wakaf Mikro bisa digunakan untuk mengembangkan usaha masyarakat.

“Jangan sampai nanti dapat Rp 2 juta, jalan-jalan ke mal lagi, kok ada baju baru, ingin beli baju Rp300.000," kata Presiden.

Baca juga: Ironi Jiwasraya, Sabet Banyak Award Saat Kondisi Sekarat

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X