Harta Turun Rp 140 Triliun, Jeff Bezos Tetap Jadi Orang Terkaya di Dunia

Kompas.com - 02/01/2020, 19:39 WIB
Bos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin Blue OriginBos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri Amazon Jeff Bezos tetap menjadi orang paling kaya sepanjang 2019.

Ia berhasil mempertahankan posisinya di tahun 2018 meski kehilangan 10 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 140 triliun (kurs Rp14.000 per dollar AS) sepanjang tahun lalu.

Mengutip data Bloomberg, Kamis (2/1/2020), sampai dengan 31 Desember 2019 lalu, pundi-pundi kekayaan Bezos ditaksir mencapai 115 miliar dollar AS atau setara Rp 1.610 triliun.

Pria berumur 55 tahun itu berhasil mengalahkan pendiri Microsoft Bill Gates yang berada di posisi kedua, dengan kekayaan mencapai 113 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 1.582 triliun.

Baca juga: Saham Amazon Pecah Rekor, Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya Dunia

Jeff Bezos semula diprediksi akan kehilangan predikat orang terkaya dunia akibat kondisi keuangannya yang kurang baik sejak awal tahun. Pada April 2019, Bezos resmi bercerai dengan sang istri, MacKenzie.

Perceraiaan ini membuat peralihan kepemilikan saham antar kedua pasangan tersebut. Pada akhirnya Bezos mendapatkan 75 persen saham yang sebelumnya dimiliki berdua dan sisanya dimiliki oleh MacKenzie.

Selain itu, MacKenzie juga mendapatkan 4 persen saham dari Amazon.

Secara total, MacKenzie berhasi mendapatkan 37 miliar dollar AS dari saham Amazon dan menjadikannya orang terkaya ke-25 di dunia.

Baca juga: Karena Gono-Gini, Mantan Istri Jeff Bezos jadi Orang Terkaya ke-15 di AS

Afapun Bill Gates sempat menyalip posisi Bezos sebagai orang terkaya dunia pada November 2019.

Penyebabnya adalah keuntungan Amazon yang merosot 28 persen dari tahun sebelumnya, sementara keuntungan Microsoft justru meroket sebesar 44 persen dari tahun sebelumnya.

Namun, Bezos kembali berhasil menduduki posisi pertama orang terkaya dunia setelah saham Amazon melonjak menjelang liburan Natal tahun 2019 ini.

Mengutip CNN, saham Amazon memecah rekor tertingginya saat musim belanja liburan Natal tiba.

Pada penutupan sesi perdagangan setelah Hari Natal, saham Amazon melonjak lebih dari 4 persen ditutup di atas 1.868 dollar AS dibandingkan pada hari sebelumnya yang sempat berada di bawah 1.790 dollar AS per saham.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Bloomberg
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X