Mau Mulai Investasi pada 2020? Perhatikan 2 Hal Berikut

Kompas.com - 06/01/2020, 10:18 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun 2020, banyak dari Anda mungkin berpikiran untuk mulai melakukan investasi. Namun, mungkin masih bingung mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk berinvestasi.

Financial Planner Eko Endarto mengatakan, secara garis besar setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan untuk mulai melakukan investasi, yakni kondisi internal nasabah dan eksternal.

" Kondisi internal seperti tujuan, kondisi keuangan investor, dan seterusnya," kata dia kepada Kompas.com.

Baca juga: Cara Menentukan Instrumen Investasi Yang Layak Dibeli

Eko menjelaskan, faktor-faktor tersebut menjadi penting untuk memperhitungkan bentuk investasi yang akan dilakukan oleh calon investor.

Apabila Anda menargetkan untuk berinvestasi jangka panjang, reksa dana adalah salah satu opsi yang bisa diambil.

Sementara untuk kondisi eksternal, Eko menyarankan kepada calon nasabah untuk memperhatikan kondisi perekonomian global. Pasalnya, kondisi global sangat memengaruhi pergerakan harga komoditas ataupun pasar modal.

"Kalau makro, masih ada perang dagang Amerika Serikat dan China dan kondisi timur tengah," ujarnya.

Baca juga: Lima Cara Maksimalkan Investasi di Tahun 2020

Dengan memperhatikan kondisi-kondisi tersebut, untuk jangka pendek disarankan untuk berinvestasi emas. Sebagai informasi, harga emas di pasar spot sepanjang tahun lalu mengalami kenaikan sekitar 17 persen.

Sementara untuk pergerakan pasar saham diprediksi masih bergerak fluktuatif. Hal ini diakibatkan kondisi ekonomi global yang masih belum stabil.

Namun, menurut Eko, apabila Anda ingin berinvestasi jangka panjang, pasar saham bisa menjadi salah satu opsi yang Anda pertimbangkan.

"Apalagi kalau untuk tujuan di atas lima tahun," ucap dia.

Baca juga: Antisipasi Kerugian, Ini Tips Bagi Millenial yang Mau Investasi di Tahun 2020

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X