Lanjutkan Penguatan, Rupiah Dekati Kisaran Rp 13.700 Per Dollar AS

Kompas.com - 13/01/2020, 08:45 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap  dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Senin (14/1/2020) kembali mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 8.23 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.712 per dollar AS atau menguat 59 poin sebesar 0,43 persen dibandingkan penutupan Jumat Rp 13.771 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut, saat ini pasar sedang fokus pada penandatanganan kesepakatan dagang fase satu antara AS dan China yang dijadwalkan dua hari mendatang.

Baca juga: Konflik Iran-AS Mereda, Rupiah Ditutup Perkasa di Akhir Pekan

"Pekan ini pasar fokus ke penandatanganan kesepakatan dagang fase sayu AS dan China sekaligus jadwal pembahasan fase dua. Oleh karena itu, Pasar masih cukup optimis," kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston menyebut, deputi PM China akan tiba di AS pada tanggal 13 Januari 2020, untuk mempersiapkan proses penandatanganan.

Sementara itu, hubungan dagang yang baik antara AS dan China dinilai akan bisa membantu memulihkan pertumbuhan ekonomi global karena kedua negara ini adalah dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

"Sentimen positif itu akan membuat rupiah berpeluang menguat hari ini," jelasnya.

Ariston memproyeksikan pergerakan rupiah pagi ini akan berasa di kisaran Rp 13.700 per dollar AS sampai dengan Rp 13.800 per dollar AS.

Baca juga: Pasar Bergairah, Rupiah Dibuka Menguat Signifikan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X