Rupiah Kembali Menguat, Ini Penopangnya

Kompas.com - 14/01/2020, 09:01 WIB
Ilustrasi rupiah shutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Selasa (14/1/2020) mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 8.05 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.650 atau menguat 22 poin sebesar 0,16 persen dibanding penutupan Senin Rp 13.672 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, sentimen positif dari penandatanganan kesepakatan dagang antara AS dan China masih menguasai market, sehingga hal ini berdampak pada penguatan rupiah.

" Sentimen positif masih membayangi risk asset, masih terkait optimisme penandatanganan kesepakatan fase satu. Delegasi China dilaporkan sudah mendarat di Washington AS, ini memberikan konfirmasi penandatanganan akan dilakukan," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Rupiah Terus Menguat, BI Belum Akan Intervensi

Di sisi lain, Ariston menilai indeks saham AS masih menunjukkan laju penguatan, terkait dengan sentimen ini.

"Indeks saham AS masih menguat karena sentimen penandatanganan kesepakatan dagang fase I," sebutnya.

Sementara itu, sentimen positif juga mendorong harga emas kembali melemah 0,35 persen, menjadi 1.556 dollar AS per ons dari yang sebelumnya 1,562 dollar AS per ons.

"Pagi ini emerging markets kemungkinan akan mengikuti penguatan tersebut termasuk rupiah," ungkapnya.

Ariston memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini akan bergerak pada level Rp 14.540 per dollar AS sampai dengan Rp 13.750 per dollar AS.

Baca juga: Rupiah Ditutup Menguat Signifikan ke Rp 13.680 Per Dollar AS



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X