Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Bakal Bahas Sengkarut Jiwasraya dan Asabri dengan DPR

Kompas.com - 14/01/2020, 20:18 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bakal mendiskusikan masalah yang menjerat PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero) bersama dengan DPR RI.

Hal tersebut dia ungkapkan kepada wartawan yang tak henti menanyainya mengenai langkah pemerintah dalam menyelesaikan masalah dua perusahaan asuransi BUMN tersebut.

"Ya nanti kan kita ada raker dengan DPR," ujar dia ketika ditemui di ruang rapat Komite IV DPD RI di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Namun demikian, Sri Mulyani enggan memberi komentar lebih lanjut mengenai hal itu.

Baca juga: Cegah Kasus Jiwasraya Terulang, Ini Usul Akuntan

Sebelumnya, Sri Mulyani juga memberikan tanggapan serupa ketika ditemui awak media di kawasan Gedung Mahkamah Agung, Senin (13/1/2020).

Saat itu, Sri Mulyani mengatakan bakal membuat pernyataan bersama dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengenai sengkarut yang menimpa Jiwasraya dan Asabri.

"Nanti kalau sudah (ada hasilnya), kita bersama Pak Erick akan membuat statement bersama," kata dia.

Namun dia tak menyebutkan kapan rencana pembahasan ini akan dilakukan. Sri Mulyani juga enggan menanggapi suntikan modal pemerintah kepada perusahaan melalui Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Nanti ya, sudah ya," ujar Sri Mulyani.

Baca juga: BUMN: Pembentukan Pansus Jiwasraya Bisa Merugikan Nasabah

Sebagai informasi, kedua asuransi pelat merah tersebut tengah dilanda masalah yang bersumber dari penempatan portofolio investasi pada saham-saham gorengan.

Nilai saham yang diinvestasikan oleh kedua perusahaan tersebut merosot yang membuat aset perusahaan mengalami penyusutan drastis.

Masalah kerugian dalam laporan keuangan pun membuat perusahaan terancan gagal bayar polis kepada masing-masing nasabahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com