Antisipasi Virus Corona, Menhub Minta Seluruh Sektor Transportasi Lebih Intensif Lakukan Pencegahan

Kompas.com - 27/01/2020, 10:33 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (27/1/2020) KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (27/1/2020)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta seluruh stakeholder transportasi untuk melakukan upaya-upaya antisipasi pencegahan masuknya virus corona ke Indonesia.

Khususnya, sektor transportasi laut dan udara yang mengangkut atau melalui rute Wuhan, China.

“Menindaklanjuti imbauan dari Mensesneg, saya meminta seluruh stakeholder transportasi khususnya di sektor udara dan laut untuk memerhatikan perkembangan virus Corona di Wuhan, China dan melakukan upaya preventif yang lebih intensif,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Khawatir Virus Corona, Rupiah Awali Pekan Melemah

Menurut mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu, ada banyak cara yang dapat dilakukan pihak pengelola maupun regulator sektor transportasi untuk mencegah masuknya corona ke Indonesia.

Pertama, dengan melakukan pemantauan dan pemeriksaan penumpang dan kru yang lebih intensif, khususnya dari tujuan asal negeri China.

Kedua, pengelola bandara maupun pelabuhan juga diwajibkan untuk melakukan koordinasi intensif dengan para stakeholder khususnya Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat.

Ketiga, petugas di bandara dan pelabuhan internasional yang dilalui penumpang dari tujuan asal negeri China diminta untuk menggunakan masker.

Baca juga: Harga Minyak Anjlok Gara-gara Virus Corona

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X