Saat Peringatan Dini BMKG Kalah Populer dengan Jiwasraya hingga Ahmad Dhani

Kompas.com - 28/01/2020, 12:28 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (berjilbab) dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (7/1/2020). KOMPAS.com/NURSITA SARIKepala BMKG Dwikorita Karnawati (berjilbab) dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (7/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - BMKG menyatakan, kepedulian dan respons masyarakat terhadap pengumuman peringatan dini masih rendah.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, salah satu contoh nyata adalah ketika pihaknya mengumumkan peringatan dini terjadinya hujan deras yang akan terjadi pada tanggal 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Namun ternyata pengumuman tersebut masih kalah populer dibandingkan dengan topik berkaitan dengan Novel Baswedan, Jiwasraya, hingga Ahmad Dhani.

Baca juga: BMKG Disarankan Pasang Alat Deteksi Tsunami di Pulau Panjang

" Peringatan dini dari BMKG ternyata hanya menempati peringkat 9 trending topic. Jadi kalah dengan pak Novel Baswedan, Jiwasraya, hari ibu, kecelakaan bus sriwijaya, bahkan Ahmad Dhani yang bebas itu lebih diperhatikan dari peringatan dini BMKG," tuturnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Bahkan, setelah terjadi banjir awal tahun di Jabodetabek, pengumuman peringatan dini BMKG masih belum menjadi pembahasan utama di kalangan masyarakat.

"Setelah banjir ternyata hanya mampu mendongkrak peringatan dini BMKG 3 level, yaitu di urutan 6 (trending topic)," katanya.

Baca juga: Penyewa Mal Minta Kompensasi ke Anies Karena Banjir DKI

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X