Asosiasi Pilot American Airlines Minta Agar Penerbangan AS - China Dihentikan Sementara

Kompas.com - 31/01/2020, 18:45 WIB
Airbus A319 milik American Airlines planespotter.comAirbus A319 milik American Airlines

NEW YORK, KOMPAS.com - Asosiasi Pilot American Airlines yang mewakili 15.000 pilot maskapai tersebut, menuntut perusahaan untuk menghentikan sementara layanan penerbangan dari AS ke China, mengingat ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh virus corona.

Asosiasi Pilot bahkan meminta pengadilan di Dallas County untuk memberikan instruksi maskapai agar menghentikan penerbangan saat virus corona menyebar.

"Keselamatan dan kesejahteraan awak dan penumpang kami harus selalu menjadi prioritas utama kami. Pertama, terakhir, dan selalu," kata Kapten Presiden APA Eric Ferguson, seperti dilansir CNN, Jumat (31/1/2020).

Saat ini operator maskapai besar lain yang melayani penerbangan ke China, termasuk British Airways, Air Canada, dan Lufthansa, memilih untuk menangguhkan layanan penerbangan ke China sebagai bentuk kehati-hatian terhadap wabah corona.

Virus Corona merupakan penyakit pernapasan yang berpotensi fatal, dimana ini pertama kali muncul di Wuhan, China pada awal Desember 2019 lalu. Sejak itu, virus terus menyebar ke seluruh China dan muncul di beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat, Jepang, dan India.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan epidemi virus korona sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, setelah sebuah rapat komite darurat pada Kamis di Jenewa.

American Airlines (AAL) pada hari Rabu pekan ini juga sempat menangguhkan dua rute dari Los Angeles ke daratan China pada 9 Februari dan 27 Maret karena penurunan permintaan yang signifikan.

Asosiasi Pilot meminta maskapai membatalkan atau menangguhkan penerbangan sebelum 9 Februari 2020 di bandara terbesar Amerika, Dallas dan Forth Worth. Apalagi usia rata-rata kapten yang berbasis di Dallas dan Fort Worth adalah 61 tahun dimana memiliki potensi lebih tinggi tertular virus corona.

Ferguson mengatakan Asosiasi Pilot juga menginstruksikan semua pilot American Airline untuk menolak penugasan mengoperasikan penerbangan antara Amerika Serikat dan China.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X