Ini 5 Nasihat Pengelolaan Investasi yang Bikin Untung

Kompas.com - 09/02/2020, 17:17 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berinvestasi tidak membutuhkan syarat khusus. Selama Anda memiliki keinginan yang kuat dan konsisten dalam berinvestasi, tentu tidak akan merasa kesulitan.

Siapapun boleh berinvestasi meski keuangan dalam keadaan yang sedikit sekalipun. Tentu saja, berinvestasi tidak harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak sekaligus.

Ada beberapa saran penting dari penasihat keuangan yang sudah lebih lama berkecimpung di dunia investasi jauh sebelum Anda. Anda bisa mulai menerapkan saran dari para penasihat keuangan ini sebelum melakukan investasi.

Baca juga: Mau Investasi Reksadana? Pahami Dulu Biaya yang Ditanggung

Ini berguna untuk menghindari terjadinya beberapa risiko investasi. Jangan abaikan, simak saran dari penasihat pengelola keuangan saat Anda akan memulai berinvestasi seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jangan Hanya Sebatas Ingin, Mulailah Investasi Sekarang Juga

Jika Anda merupakan sarjana muda yang mulai memiliki pendapatan pribadi, sudah saatnya Anda memikirkan untuk melakukan investasi sebelum terlambat. Sebaiknya investasi dilakukan sedini mungkin.

Kenapa? Sebab ini akan lebih efektif dan lebih maksimal jumlah perolehan investasi Anda nantinya.

Tidak perlu menunggu terlalu lama atau menunggu Anda memiliki uang dalam jumlah yang banyak baru Anda sadar dan mulai berinvestasi.

Meski saat ini Anda hanya memiliki pendapatan Rp 1 juta per bulannya, Anda masih tetap bisa melakukan investasi. Anda bisa menyisihkan uang Rp 100.000 untuk investasi.

Menyisihkan uang Rp 100.000 tentu tidak akan mengganggu kebutuhan Anda yang lainnya, bukan?Justru jika rutin dan konsisten menyisihkan uang walau hanya Rp 100.000 setiap bulannya, Anda akan terkejut dengan hasil yang bakal didapatkan.

Baca juga: Investasi di Tahun 2020 Berpeluang Cuan, Ini Penyebabnya

2. Selalu Perhatikan Biaya Investasi yang Harus Dikeluarkan

Anda harus lebih teliti saat berkecimpung di dunia investasi. Tentu saja karena berinvestasi selalu berkaitan dengan uang yang jumlahnya tidak sedikit.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X