Pasar Kembali Khawatir dengan Virus Corona, Rupiah Dibuka Melemah

Kompas.com - 14/02/2020, 09:33 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Jumat (14/2/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 8.22 WIB rupiah dibuka pada level Rp 13.708 per dollar AS. Rupiah melemah 14 poin sebesar 0,10 persen dibanding penutupan Kamis Rp 13.694 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pasar kembali khawatir karena penambahan jumlah pasien yang terinfeksi corona.

"Adanya penambahan signifikan dalam laporan terbaru dimana jumlah yang terinfeksi dan meninggal karena virus corona di provinsi hubei menyebabkan kekhawatiran di pasar keuangan," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Pasar Mulai Cerna Dampak Virus Corona, Rupiah Ditutup Melemah

Di sisi lain, provinsi Hubei China menggunakan metode baru dengan mengikutsertakan deteksi lewat CT Scan. Akibatnya pasar menganggap masih banyak kasus corona yang tidak terungkap.

"Ini menyebabkan harga aset berisiko tertekan dan aset safe haven emas melonjak lagi," tambahnya.

Ariston menyebut, hari ini pasar masih mewaspadai perkembangan terbaru. Harga aset berisiko mungkin saja bisa menguat lagi bila ada komentar-komentar yang meredakan kecemasan.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.650 per dollar AS sampai dengan Rp 13.730 per dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X