Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kembali Khawatir dengan Virus Corona, Rupiah Dibuka Melemah

Kompas.com - 14/02/2020, 09:33 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Jumat (14/2/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 8.22 WIB rupiah dibuka pada level Rp 13.708 per dollar AS. Rupiah melemah 14 poin sebesar 0,10 persen dibanding penutupan Kamis Rp 13.694 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pasar kembali khawatir karena penambahan jumlah pasien yang terinfeksi corona.

"Adanya penambahan signifikan dalam laporan terbaru dimana jumlah yang terinfeksi dan meninggal karena virus corona di provinsi hubei menyebabkan kekhawatiran di pasar keuangan," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Pasar Mulai Cerna Dampak Virus Corona, Rupiah Ditutup Melemah

Di sisi lain, provinsi Hubei China menggunakan metode baru dengan mengikutsertakan deteksi lewat CT Scan. Akibatnya pasar menganggap masih banyak kasus corona yang tidak terungkap.

"Ini menyebabkan harga aset berisiko tertekan dan aset safe haven emas melonjak lagi," tambahnya.

Ariston menyebut, hari ini pasar masih mewaspadai perkembangan terbaru. Harga aset berisiko mungkin saja bisa menguat lagi bila ada komentar-komentar yang meredakan kecemasan.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.650 per dollar AS sampai dengan Rp 13.730 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com