Lewat Program Ini, Gojek Bantu 9 Startup Ritel Kembangkan Bisnisnya

Kompas.com - 14/02/2020, 19:37 WIB
Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marit KOMPAS.com/Rully R. RamliChief Corporate Affairs Gojek Nila Marit

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek kembali melaksanakan Gojek Xcelerate, yakni program pelatihan dan pengembangan untuk perusahaan perintis atau startup dalam negeri.

Mengusung tema Gojek Xcelerate batch 3, Gojek kali ini memilih 9 startup lokal bergerak di sektor ritel yang menerapkan inovasi kebutuhan keseharian konsumen.

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marit mengatakan, pihaknya ingin membantu startup-startup dalam negeri untuk tumbuh melalui pemberian materi mengenai cara startup untuk tumbuh menjadi perusahaan besar.

"Kita ingin memberikan ilmu bagaimana cara teman-teman startup bisa tetap bersaing agar mereka bisa terus mengembangkan nilai bisnis," ujarnya di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Nila menambah, kesembilan startup yang berkesempatan untuk belajar langsung dari Gojek dan perusahaan global lainnya di Gojek Xcelerate batch 3 adalah, Gigel.id, Etanee, Callista, Sugar Technology, Heiden Heritage, Meyer Food, Kiddo, Pijak Bumi, dan Mad for Makeup

Dalam progam pelatihan ini, ada tiga materi utama yang akan diberikan kepada 9 startup terpilih.

Pertama, 'Growth Experimentation 101' atau eksperimentasi untuk meningkatkan penggunaan produk/jasa melalui uji hipotesis yang berasal dari data perilaku pengguna.

Kemudian juga ada 'Supercharge your Products with Web Apps' atau pengembangan platform digital melalui framework yang lebih cepat dikembangkan dan dapat digunakan di berbagai kanal digital.

Lalu, 'Building High Impact Learning Culture' atau strategi membangun budaya perusahaan yang efektif dengan pengembangan cara berpikir karyawan.

Ditemui di tempat yang sama, Managing Director Digitaraya Nicole Yap mengatakan, berdasarkan hasil studi Forbes pada 2019 tingkat kegagalan startup mencapai 70 persen. Kegagalan ini disebabkan oleh berbagai faktor.

"Pada kondisi inilah akselerator startup dapat membantu, memberikan startup petunjuk agar mereka dapat menghindari kegagalan-kegagalan yang sudah pernah ada," ucap dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X