Perhatikan 3 Hal Ini agar Terhindar dari Developer Bodong

Kompas.com - 15/02/2020, 20:53 WIB
Ilustrasi perumahan. Dok. Kementerian PUPRIlustrasi perumahan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki usaha bisnis terutama di bidang properti memang cukup menjanjikan, mengingat penduduk Indonesia semakin hari semakin bertambah otomatis memerlukan tempat untuk tinggal.

Sejalan dengan itu, banyak oknum yang memanfaatkan momen ini dengan dalil mengambil keuntungan melalui bisnis properti bodong.

Direktur & CEO PT Real Estate Teknologi (Rentfix.com) Effendy Tanuwidjaja mengatakan ada tiga hal penting yang perlu dilakukan apabila Anda ingin memiliki bisnis di bidang properti dan terhindar dari developer bodong.

Pertama cek surat izin, hal ini sangat perlu mengingat banyak bangunan yang berdiri namun tidak memiliki surat Izin Membangun Bangunan (IMB). Biasanya para developer yang memiliki kualitas bagus  ketika ditanya sertifikat, mereka tidak enggan memberikan.

"Kita sebagai konsumen berhak kok menanyakan sertifikat izin IMB, kalau emang developernya bagus pasti diperlihatkan ketika kita mempertanyakan sertifikat," ujarnya saat di hubungi Kompas.com, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: 4 Hal yang Diperhatikan Saat Membeli Rumah Bersama Pasangan

Kedua mengecek rekanan projek developer tersebut. Biasanya dalam mendirikan bisnis properti para developer akan bekerja sama atau berkolaborasi dengan beberapa instansi seperti bank dan notaris untuk membantu.

Hampir  di semua bank-bank Indonesia apabila bekerjasama untuk memasarkan perumahan atau properti lainnya, memiliki kriteria-kriteria khusus begitupun dengan notaris.

"Notaris juga perlu diwaspadai jangan karena memiliki pamflet tertera di halaman kantor atau rumahnya dianggap adalah notaris sah padahal belum tentu, oleh sebab itu notaris yang menghandle properti tersebut izin SK nya juga harus di cek," jelasnya.

Tips yang ketiga adalah mengecek secara langsung ke lokasi pembangunan. Dengan langsung melakukan survei ke lokasi pembangunan dapat memastikan secara nyata apakah pembangunan tersebut benar apa tidak selain itu dapat mencek pembebasan lahan.

"Tips ini yang paling gampang cara mengetahui properti itu bodong apa tidak, ketika kita datang secara langsung ke lokasi pembangunan, kita bisa mencek pembebasan lahan. Caranya mungkin bisa bertanya langsung ke masyarakat sekitar apakah benar akan ada pembangunan atau pembebasan lahan diwilayah tersebut," jelasnya.


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X