Mengenang Ashraf Sinclair, Pernah Bisnis Ternak Lele

Kompas.com - 18/02/2020, 13:16 WIB
Aktris Ashraf Sinclair disela wawancara promo film Bayi Gaib di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (17/01/2018). Film yang akan tayang 15 Februari 2018 ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Farah (Rianti Cartwright) yang sedang mengandung anak pertamanya, namun banyak hal aneh terjadi sehingga anak mereka lahir tak wajar dan korban mulai berjatuhan. MAULANA MAHARDHIKAAktris Ashraf Sinclair disela wawancara promo film Bayi Gaib di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (17/01/2018). Film yang akan tayang 15 Februari 2018 ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Farah (Rianti Cartwright) yang sedang mengandung anak pertamanya, namun banyak hal aneh terjadi sehingga anak mereka lahir tak wajar dan korban mulai berjatuhan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dikenal sebagi artis dan suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL), almarhum Ashraf Sinclair juga rupanya sukses menggeluti banyak bisnis.

Pria asal Malaysia ini dikenal sebagai pengusaha restoran hingga pusat kebugaran. Meski demikian, usaha yang dilakoninya tak selamanya berjalan mulus.

Dikutip dari Harian Kompas, 15 Agustus 2019, Ashraf pernah merintis berbagai bisnis, salah satunya budidaya lele. Pemikirannya sederhana, dirinya berharap bisa menjual panen lelenya untuk dipasarkan pada sejumlah pedagang pecel lele yang menjamur di Jakarta.

Kendati demikian, ternak lelenya tak berjalan mulus, usahanya itu akhirnya bangkrut setelah kolam-kolam lelenya diterjang banjir.

Baca juga: Menilik Bisnis Ashraf Sinclair, Restoran hingga Startup

"Lihat di jalanan di Jakarta banyak penjual pecel lele, saya bikin kolam ikan lele. Eh, suatu ketika ada banjir. Investasi gagal, ikan lelenya pindah ke sungai,” cerita Ashraf soal bagaimana bisnisnya sempat beberapa kali jatuh.

Sebelum terjun ke dunia bisnis, beragam profesi juga pernah dilakoninya sebelum terjun ke dunia artis. Di Malaysia, Ashraf bahkan pernah bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran.

Mesti berkali-kali gagal, suami Bunga Citra Lestari itu tidak kapok membuka bisnis. Ia terus mencoba mencari celah bisnis baru. Modalnya dia kumpulkan dari bermain sinetron.

Tanpa disangka, ia yang dulu di Malaysia bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran ternama bertemu dengan mantan bosnya.

Ia kemudian diajak membuka restoran di Indonesia. Ashraf menerima ajakan itu dan kali ini usahanya berhasil.

Baca juga: Dukung Bisnis Rintisan, Ashraf Sinclair Sinergi dengan 500 Startups

Ashraf mengungkapkan perjuangan hidupnya tidak mudah. Ia menyatakan mencoba mengambil makna dari semua kesulitan yang pernah ia hadapi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X