Kemenhub Usul Pemulangan WNI di Kapal Diamond Princess Gunakan Jalur Laut

Kompas.com - 24/02/2020, 15:26 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di lingkungan Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019). KOMPAS.com/Devina Halim Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di lingkungan Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mengusulkan proses evakuasi warga negara Indonesia yang berada di kapal pesiar Diamond Princess menggunakan moda transportasi laut.

Kapal pesiar tersebut saat ini berada di Yokohama, Jepang.

“Mungkin (kami usulkan) transportasi laut itu akan menjadi sesuatu yang lebih tepat (untuk proses evakuasinya)," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati di Kemenhub, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Imbas Virus Corona, Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa Terkoreksi 0,3 Persen

Namun, pemulangan para WNI di kapal pesiar tersebut menunggu keputusan dari rapat koordinasi dengan kementerian terkait. Para WNI yang berada di kapal tersebut dikarantina terkait virus corona.

“Jadi ada dua ini (Kementerian PMK dan Menkopolhukam) yang jadi leading sektor. Kalau dari kami basically , apapun nanti yang direquest, dari Kemenhub dalam arti mungkin menyediakan modanya, kalau memang itu dibutuhkan dari Kemenhub, kami pasti siap," kata Adita.

Sebelumnya, pemerintah segera mengevakuasi warga negara Indonesia yang berada di kapal pesiar Diamond Princess yang saat ini bersandar di perairan Yokohama, Jepang, dalam waktu dekat untuk kembali ke Indonesia.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, keputusan itu diambil setelah pemerintah menggelar rapat teknis antara kementerian/lembaga terkait dan Pemerintah Jepang.

"Pemerintah segera melakukan evakuasi kemanusiaan tahap dua dari Yokohama (Jepang) dalam waktu dekat setelah melakukan rapat teknis dengan kementerian/lembaga terkait di dalam negeri dan Pemerintah Jepang khususnya di luar negeri," kata Fadjroel dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/2/2020).

Diketahui, terdapat empat WNI kru kapal pesiar Diamond Princess di perairan Yokohama yang terinfeksi virus Covid-19. Adapun total WNI yang menjadi kru kapal tersebut sebanyak 78 orang.

Fadjroel mengatakan, empat orang WNI yang dinyatakan positif terdampak virus Covid-19 sudah dirawat dengan sangat baik di rumah sakit di Jepang yang memenuhi semua protokol WHO.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X