Bidik Pasar Eksternal, Waskita Beton Gandeng Anak Usaha BUMN

Kompas.com - 05/03/2020, 12:54 WIB
Plant Karawang PT Waskita Beton Precast (Persero) Tbk Dokumentasi Waskita Beton PrecastPlant Karawang PT Waskita Beton Precast (Persero) Tbk

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur di Indonesia dilihat sebagai sebuah peluang yang baik bagi PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

Oleh karena itu, sebagai salah satu strategi untuk memperluas perolehan proyek dari pasar eksternal, WSBP menjalin sinergi dengan anak usaha BUMN.

Pada awal tahun 2020, WSBP melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama dengan PT Pertamina Trans Kontinental.

Baca juga: Waskita Beton Precast Pasok Beton untuk Pemeliharaan Bandara Angkasa Pura I

"Ini merupakan kerja sama dalam bidang perbaikan dan pembangunan pelabuhan di lokasi pekerjaan milik anak usaha PT Pertamina (Persero)," kata Direktur Utama WSBP Jarot Subana dalam keterangannya, Kamis (5/3/2020).

Kerja sama ini berupa Kerja Sama Operasi (KSO) dalam bentuk Portion. WSBP sebagai mitra akan berperan sebagai Perencana/Engineer, Supply Beton Precast, Readymix, dan Kontraktor.

Tidak hanya kerja sama untuk membangun pelabuhan, WSBP juga berkontribusi dalam pembangunan bandara melalui sinergi dengan anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara yaitu PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini ditempuh sebagai usaha PT Angkasa Pura Properti untuk meningkatkan dan menjaga kualitas infrastruktur bandara-bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yang terus dikembangkan mengacu pada tingkat pertumbuhan jumlah penumpang dan penerbangan.

Baca juga: Bangun Pelabuhan, Waskita Beton Kerja Sama dengan Anak Usaha Pertamina

Terkait hal tersebut, peran WSBP dalam penyediaan produk beton dan precast diperhitungkan akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha PT Angkasa Pura Properti untuk turut mewujudkan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Jarot menyatakan, pada tahun 2020 ini WSBP akan terus meningkatkan perolehan kontrak proyek dari pasar eksternal melalui kerja sama dengan berbagai perusahaan baik BUMN, swasta, pemerintah hingga perusahaan di luar negeri.

"Dari data historis, WSBP berhasil mencatatkan peningkatan perolehan kontrak eksternal mencapai 83,01 persen atau Rp 2,43 triliun di tahun 2018 menjadi Rp 4,44 triliun tahun 2019," imbuh Jarot.

Adapun oerolehan kontrak eksternal WSBP sebesar 63,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 36 persen. Adapun target nilai kontrak baru WSBP pada tahun 2020 sebesar Rp 11,9 triliun, di mana ditargetkan sebesar Rp 5,89 triliun berasal dari kontrak eksternal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.