Gantikan Sementara Budi Karya, ini 5 Arahan Luhut sebagai Menhub

Kompas.com - 16/03/2020, 08:38 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan memberikan keterangan pers di Kantor Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (9/3/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenko Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan memberikan keterangan pers di Kantor Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (9/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk menggantikan sementara Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, dalam gelaran rapat koordinasi melalui video conference, Minggu (15/3/2020), Luhut memberikan 5 instruksi kepada seluruh jajaran Kemenhub.

"Pertama, jajaran Kemenhub segera mendata individu di lingkungan Kemenhub yang berpotensi terinfeksi virus Covid 19 untuk mendapatkan prioritas pemeriksaan kesehatan," ujar Adita dalam keterangan tertulis, Senin (16/3/2020).

Baca juga: Jejak Blusukan Menhub Sebelum Positif Corona

Kemudian, Luhut juga meminta agar seluruh ruangan kerja di lingkup Kemenhub dilakukan sterilsasi mulai hari ini, Senin, hingga besok, Selasa (17/3/2020).

Lalu, Luhut melarang sementara perjalanan dinas pejabat dan pegawai Kemenhub ke luar negeri.

Lebih lanjut, Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perkeretaapian diminta mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik antara lain dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari. Hal serupa agar dilaksanakan di daerah-daerah.

"Diharuskan ada sosialisasi publik atau pengumuman di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala (symptom) Corona dan himbauan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan, serta himbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit," tutur Adita.

Baca juga: Tepis Isu Corona, Sri Mulyani: Saya, Alhamdulillah Tetap Sehat...

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X