Sejumlah Sentimen Jadi Pendorong Pergerakan IHSG Hari Ini, Apa Saja ?

Kompas.com - 20/03/2020, 10:41 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (20/3/2020), terlihat Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) kembali terperangkap di zona merah.

Melansir RTI, pada pukul 09.05 WIB, IHSG menyentuh level 3.928,4 atau turun 177,01 poin (4,3 persen) dibanding penutupan Kamis (19/3/2020), yakni pada level 4.105,42.

Namun, Kepala riset MNC Securities Edwin Sebayang menyebut ada beberapa sentimen yang bakal mendorong IHSG bergerak positif hari ini.

Baca juga: Sempat Anjlok, IHSG Diproyeksikan Menghijau Hari Ini

Misalkan saja rebound-nya saham berbasis energi dan teknologi yang menjadi pendorong DJIA semalam menguat sebesar 0,95 persen.

"Penguatan DJIA berpotensi menahan IHSG untuk tidak melemah hari ini ditengah semakin bertambahnya jumlah korban tewas per 20 Maret secara global akibat virus corona," ungkap Edwin pagi ini.

Di samping itu, naiknya sebagian indeks Bursa Asia pada Jumat pagi juga berpotensi menjadi sentimen positif untuk hari ini.

Selain itu, turunnya harga logam mulia seperti emas 0,92 persen, nikel turun 0,70 persen, CPO 2,38 persen disusul anjloknya rupiah pada level Rp 16.095 per dollar AS, berpotensi menjadi sentimen negatif bagi perdagangan Jumat ini.

Baca juga: Sempat Anjlok, IHSG Diproyeksikan Menghijau Hari Ini

"IHSG berpeluang rebound di tengah secara valuasi banyak saham menjadi sudah semakin sangat attractive," jelasnya.

Edwin merekomendasikan agar investor bisa selektif saat melakukan Buy on Weakness. Inveator dapat fokus pada saham super defensive dari sektor perbankan, konsumer, telekomunikasi, dan ritel.

Di sisi lain, kemarin Bank Indonesia (BI) telah memangkas proyeksi pertumbuhan kredit tahun 2020 menjadi 6 persen sampai dengan 8 Persen dari sebelumnya 9 persen sampai 11 persen.

"(Ini dilakukan) seiring dengan makin tingginya ketidakpastian global karena penyebaran virus corona. Pertumbuhan kredit pada Januari 2020 masih berada pada kisaran 6,1 persen atau sedikit lebih baik dari 6,08 persen pada Desember 2019," jelasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X