Kompas.com - 31/03/2020, 06:06 WIB
Direktur KGXPress & Logistik, Amelia Angelica DOKUMENTASI KOMPAS.IDDirektur KGXPress & Logistik, Amelia Angelica

JAKARTA, KOMPAS.com -  Untuk mengurangi dampak pandemi virus corona (Covid-19), KGXpress mengambil beberapa langkah preventif.

Direktur KGXPress & Logistik Amelia Angelica mengatakan, pihaknya membentuk internal Taskforce Covid-19 yang bertugas sebagai pusat informasi dan action untuk lingkungan KGXpress.

"Taskforce tersebut telah mengeluarkan berbagai kebijakan seperti memberlakukan Work from Home (WFH) dan Shifting untuk para karyawan serta mendistribusikan perlengkapan kesehatan ke seluruh kantor cabang KGXpress di seluruh Indonesia," ucap dia saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/3/2020).

Bukan hanya itu, untuk para kurir atau tim operasional, lanjut Amelia, diwajibkan untuk menggunakan masker dan sarung tangan serta melakukan physical distancing saat berada di lingkungan KGXpress maupun saat mengantar kiriman konsumen.

"Bahkan kami juga melakukan adjustment pada sistem penerimaan bukti kiriman yang awalnya perlu tanda tangan dari penerima pada layar device KGXpress, saat ini hanya dilakukan foto penerima saja," sebutnya.

Baca juga: Corona Menyebar, Transaksi Pengiriman Ekspedisi SiCepat Meningkat

Amelia pun mengakui kinerja pihaknya mengalami gangguan akibat wabah virus corona ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini penurunan transaksi sebesar 10 persen dan akan semakin turun sepertinya melihat di minggu ini dan minggu ke depannya," ujarnya.

Padahal, sebagai pemain baru di dunia logistik, pada kuartal satu 2020 KGXpress sedang mengalami pertumbuhan bisnis yang luar biasa. Industri yang dilayani pun sudah cukup banyak dan variatif.

Namun, pada periode akhir Maret dan meningkatnya wabah Covid-19 membuat jumlah transaksi mengalami pelambatan.

"Bukan hanya pada korporat saja, tapi di tingkat masyarakat seperti pasar dan toko juga sama. Namun, saya memahami kondisi ini dan berharap dengan penurunan angka bisnis, artinya lebih banyak masyarakat berada di rumah sehingga wabah Covid-19 bisa cepat berlalu," katanya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19 JNE Hentikan Sementara Layanan YES

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.