Dengan Blockchain, Kedai Kopi Ini Sajikan Informasi Menarik ke Pelanggan

Kompas.com - 31/03/2020, 12:34 WIB
Ilustrasi kopi untuk bahan perawatan kulit voraornIlustrasi kopi untuk bahan perawatan kulit

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia solusi blockchain global Emurgo meluncurkan solusi untuk melacak rantai pasok (supply chain).

Dengan demikian, perusahaan dapat melacak rantai pasok mereka dengan cara modern, sesuai standar, dan bernilai tambah. Solusi ini bernama Emurgo Traceability Solution.

Emurgo berkolaborasi dengan Blue Korintji Coffee, sebuah brand kopi Indonesia yang berfokus kepada lingkungan.

Baca juga: Tak Hanya di Keuangan, Peluang Implementasi Blockchain Masih Besar

Blue Korintji adalah perusahaan komersial pertama yang mengintegrasikan Emurgo Traceability Solution pada supply chain kopinya untuk memberikan manfaat semua pemangku kepentingan, termasuk petani dan konsumen.

“Emurgo Traceability Solution adalah aplikasi terobosan baru yang menyediakan solusi nyata untuk memecahkan ketidak efisienan dalam industri supply chain saat ini. Emurgo berkolaborasi dengan Blue Korintji Coffee dalam mengintegrasikan solusi ini dan membawa aplikasi nyata dari teknologi blockchain untuk petani, enterprise, dan konsumen sehingga semua orang dapat merasakan manfaat blockchain yang sesungguhnya,” kata Ken Kodama, CEO Emurgo dalam keterangannya, Selasa (31/3/2020).

Solusi yang dibuat secara khusus ini akan dibangun berdasarkan teknologi blockchain yang dikembangkan melalu riset mendalam untuk dapat meningkatkan transparansi harga beli antara para pemangku kepentingan dan memastikan informasi privat yang terakumulasi tidak bisa diubah.

Konsumen kopi juga akan dapat dengan mudah memindai kode QR yang ditampilkan pada outlet kopi untuk mengakses informasi tentang asal muasal kopi yang mereka beli.

Baca juga: Dirut BCA: Perbankan Bakal Mulai Adopsi Teknologi Blockchain

Mulai 5 April 2020, Blue Korintji Bintaro akan menyajikan kopi menggunakan solusi tersebut, yang memungkinkan konsumen untuk mengetahui asal kopi secara transparan melalui QR Code.

Blue Korintji Coffee juga berkomitmen untuk mengembalikan kepada petani dengan cara mengumpulkan sebagian dari hasil penjualan melalui solusi ini dan menginvestasikannya pada produksi yang berkelanjutan.

Industri-industri dengan sumber daya terbatas, seperti industri supply chain kopi global seringkali menjadi korban dari standar akuntansi dan asal muasal barang yang tidak jelas.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X