Bank Sentral China Imbau Bank Komersial Tingkatkan Pengunaan Blockchain

Kompas.com - 28/10/2019, 16:09 WIB
Ilustrasi blockchain etty Images/iStockphoto/PeshkovIlustrasi blockchain

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Departemen Teknologi People's Bank of China meminta agar bank-bank komersial meningkatkan penerapan teknologi blockchain agar dapat merangkul keuangan digital di negeri berpenduduk terbesar di dunia tersebut.

"Bank-bank komersial harus meningkatkan penerapan teknologi blockchain mereka agar dapat merangkul keuangan digital," ujar Li pada hari Senin (28/10/2019) seperti dilansir Reuters via Kontan.co.id.

Baca juga : Di Indonesia, Teknologi Blockchain Masih Tahap Pengenalan

Seruan Li tersebut merupakan kesinambungan dari himbauan Presiden China XI Jinping yang pada pekan lalu mengatakan, pengembanan teknologi blockchain di negara tersebut harus dipercepat.

Mengutip Wikipedia, blockchain merupakan sebuah buku besar terdistribusi (distributed ledger) terbuka yang dapat mencatat transaksi antara dua pihak secara efisien dan dengan cara yang dapat diverifikasi dan permanen.

Teknologi blockchain adalah teknologi penyimpanan data yang bersifat multiserver atau terdiri dari banyak server. Dengan demikian, data akan lebih aman karena disimpan pada banyak server yang berkaitan satu sama lain.

Banyak yang mengkhawatirkan kehadiran blockchain akan mengganggu bisnis data center (pusat data) yang saat ini pemanfaatannya pun sudah sangat luas. Namun pelaku bisnis blockchain menyatakan tak berusaha menggantikan bisnis pusat data, namun melengkapi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X