Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langsung Melesat, IHSG Naik 102 Poin Tembus Level 4.900

Kompas.com - 07/04/2020, 09:17 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (7/4/2020) langsung meroket.

Melansir data RTI, pukul 09.06 WIB, IHSG menguat 102,21 poin ke posisi 4.914,04. Posisi ini lebiha tinggi 2,1 persen dibandingkan penutupan kemarin pada 4.811,82.

Sebanyak 214 saham melaju di zona hijau dan 35 saham merah. Sedangkan 84 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 866,7 miliar dengan volume 917,86 juta saham.

Penguatan ini seiring dengan naiknya bursa global termasuk Asia. Seperti indeks Hang Seng Hongkong naik 0,64 persen, disusul oleh indeks Strait Times Singapura melorot 1,9 persen, dan indeks komposit Shanghai yang juga naik 1,52 persen, dan indeks Nikkei Jepang juga naik 1,9 persen.

Baca juga: Setelah Melonjak 4 Persen, IHSG Hari Ini Diprediksi Lanjutkan Kenaikan

Sebelumnya, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memproyeksikan IHSG hari ini akan bergerak naik seiring dengan kenaikan bursa saham AS, Eropa dan Asia.

Penguatan pasar global ini terjadi karena respon positif investor terhadap laporan melambatnya laju kasus positif Covid-19 di AS dan Eropa sebagai pusat pandemi global.

“Indeks hari ini mungkin bakal menguat. Faktor utamanya adalah jumlah kematian dan kasus pandemi di AS dan Eropa yang mulai berkurang," kata Hans kepada Kompas.com.

Indeks bursa saham Eropa terpantau menghijau seperti Indeks FTSE yang naik 3,08 persen, diikuti dengan Xetra Dax yang meroket 5,7 persen. Sementara Bursa saham AS seperti Indeks Dow Jones Industrial Average meroket 7,5 persen diikuti dengan indeks S&P 500 yang naik 6,9 persen dan Nasdaq yang juga melesat 7,3 persen.

Baca juga: Sekarang Waktunya untuk Belanja Saham?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com