Produksi AS Melemah, Harga Minyak Dunia Kembali Naik

Kompas.com - 09/04/2020, 10:45 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia kembali ditutup menguat pada perdagangan Rabu (8/4/2020) waktu setempat, menyusul pelemahan produksi minyak mentah Amerika Serikat.

Dikutip dari Market Watch, Kamis (9/4/2020), harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) naik 1,46 dollar AS atau 6,2 persen ke level 25,09 dollar AS per barel.

Sementara itu, harga minyak mentah jenis Brent naik 0,94 dollar AS menjadi 32,84 dollar AS per barel.

Badan Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat menyebutkan, produksi minyak mentah sepekan ini mengalami rata-rata penurunan 600.000 barel per hari. Hal ini dinilai menjadi sentimen utama pendorong harga minyak mentah dunia.

Baca juga: Rusia Bertemu Arab Saudi Besok, Harga Minyak Dunia Naik 5,5 Persen

Kemudian, pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) dan sekutu atau OPEC+ juga diharapkan mampu menghasilkan kesepakatan terkait pemangkasan produksi minyak dunia.

Pasalnya, saat ini permintaan terhadap minyak mentah dunia sudah mengalami penurunan dalam akibat merebaknya wabah virus corona di berbagai negara.

Hal tersebut diproyeksikan belum akan selesai dalam waktu dekat.

Pertemuan OPEC+ disebut akan menghasilkan kesepakatan pemangkasan produksi minyak mentah hingga 10 juta barel per hari.

Amerika Serikat diprediksi juga akan melakukan hal serupa, demi memperbaiki harga minyak mentah dunia yang sempat terkoreksi sekitar 40 persen selama Maret 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X