Rupiah Pagi Ini Menguat di Level Rp 16.206

Kompas.com - 09/04/2020, 09:30 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kembali menguat pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (9/4/2020). 

Mengutip data Bloomberg pukul 09.04 WIB rupiah berada pada level Rp 16.205 per dollar AS atau menguat 44 poin (0,27 persen) dibandingkan penutupan Rabu pada level Rp 16.250 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan meskipun rupiah menguat, namun sentiment negatif akan terus membayangi pasar keuangan hari ini.

Baca juga: Jaga Stabilitas Rupiah, BI Ajak Eksportir Tukarkan Dollar AS

“Rupiah bisa dibuka menguat mengikuti sentimen positif pagi ini, tapi potensi pelemahan lanjutan masih terbuka,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Adapun sentimen positif datang dari penguatan pasar saham AS, di mana indeks Wall Street melambung sampai dengan 700 poin.

“Hal ini terjadi karena respon pasar terhadap pidato Trump yang optimis ekonomi AS bisa bangkit lagi setelah masa puncak wabah berlalu dan kemungkinan rilis stimulus tambahan pemerintah AS,” jelasnya.

Sementara itu, sentimen negatif datang dari angka penyebaran wabah virus corona secara global yang semakin meningkat. Apalagi saat ini kondisi masih belum bisa dikatakan telah mencapai puncaknya.

“Data-data ekonomi juga berpeluang menunjukkan hasil buruk akibat dampak wabah virus corona,” jelasnya

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada level Rp 16.150 per dollar AS sampai dengan Rp 16.350 per dollar AS.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X