KILAS

Di Tengah Pandemi Covid-19, Ekspor Kelapa Parut RI Terus Meningkat

Kompas.com - 09/04/2020, 10:39 WIB
Komoditas kelapa parut RI untuk diekspor. Dok. KementanKomoditas kelapa parut RI untuk diekspor.

KOMPAS.com – Di tengah pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19), ekspor kelapa parut Indonesia ke luar negeri terus meningkat.

Pada periode Januari-April 2020, ekspor kelapa parut sebanyak 18.300 ton senilai Rp 397 miliar sukses menembus pasar India, Vietnam, dan Malaysia.

"Secara nasional, tren sertifikasi ekspor kelapa parut juga meningkat, baik volume, juga negara tujuan ekspornya," jelas Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil dalam keterangan tertulis.

Pernyataan itu ia sampaikan saat memberikan penjelasan diruang monitoring lalu lintas produk pertanian secara online di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Ekspor Udang Vaname Ditargetkan Naik 250 Persen pada 2024

Selain India, Vietnam, dan Malaysia, salah satu negara tujuan ekspor kelapa parut Indonesia terbesar lainnya adalah China.

Sekitar 75,4 ton kelapa parut asal Sumatera Utara tercatat oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan diekspor ke Cina sejak Januari hingga April 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ali, ekspor kelapa parut ke China pada 2019 mencapai 623 ton dan negara tujuan lain adalah 70.923 ton senilai Rp 2,8 triliun. Jumlah itu meningkat 12 persen dari tahun 2018.

Sementara itu, kelapa parut sendiri merupakan produk olahan kelapa yang digemari di pasar global, sehingga ekspor bukan dalam bentuk kelapa bulat.

Baca juga: Kementan Gratiskan Ongkir Pembelian Bahan Pokok di TTIC, Warga Antusias

"Pada masa seperti sekarang ini, ekspor produk dalam bentuk olahan menjadi pilihan terbaik. Lebih tahan lama, mudah mengemasnya dan bernilai tambah,” ujar Ali.

Ia berharap eskpor produk olahan kelapa semacam itu dapat menambah devisa negara dan menyejahterakan para petani kelapa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.