Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Pertamina Jaya Resmi Beroperasi Tangani Pasien Covid-19

Kompas.com - 14/04/2020, 20:15 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) telah resmi beroperasi untuk menangani pasien Covid-19 mulai hari ini, Selasa (14/4/2020).

RSPJ akan beroperasi sebagai rumah sakit inap, baik pasien dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP) maupun pasien terkonfirmasi positif Covid-19, dengan gejala klinis, sedang, berat, dan critical.

“Sebagai RS rujukan, RSPJ akan menerima pasien yang dirujuk dari RS yang telah memberikan penanganan pasien sebelumnya,” ujar Direktur Utama Pertamedika Fathema Djan Rahmat dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Fathema menambahkan, RSPJ juga membangun Crisis Center Covid 19 yang akan bertugas 24 jam di nomor telepon 0811 8110 9999.

Baca juga: RS Pertamina Jaya Akan Tampung Pasien Virus Corona dengan Gejala Berat

Dengan begitu, rumah sakit perujuk dapat menghubungi Crisis Center RSPJ yang juga akan berperan sebagai titik seleksi  penanganan sesuai kategori kondisi pasien.

“Kami menyiapkan 160 bed perawatan khusus dan ICU bagi pasien COVID 19. RSPJ juga akan menerima rujukan pemeriksaan laboratorium Swab PCR Cov-2,” kata Fathema.

Selain itu, lanjut Fathema, pihaknya sedang membangun aplikasi untuk memberikan pelayanan Drive Thru Clinic atau Walk in Services Pemeriksaan Swab Covid-19.

“Doakan kami bisa memberi pelayanan perawatan dan screening secara optimal kepada bangsa Indonesia, dan Drive thru Clinic atau Walk in Services Pemeriksaan Swab Covid-19 yang akan dapat kami launching dalam waktu dekat,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com