Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompasiana Ajak Warga Lawan Corona Pakai Konten

Kompas.com - 15/04/2020, 19:05 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA--Mematuhi imbauan tetap di rumah bukan berarti lantas berhenti melakukan aktivitas yang bermanfaat. Salah satu kegiatan yang dapat Anda coba adalah menulis di rumah.

Selain membantu kita merawat ingatan dan memberi efek terapi, menulis juga bisa menghasilkan materi. Lebih dari itu, Kompasiana mengajak Anda untuk #NgeblogDiRumah dan mendukung kampanye "Lawan Corona Pakai Konten". Kampanye ini diharapkan dapat menjadi aksi nyata melawan maraknya konten-konten hoaks yang menyebar selama pandemi.

"Kampanye 'Lawan Corona Pakai Konten' adalah respons kami terhadap maraknya konten hoaks yang menimbulkan rasa cemas. Sebagai media UGG, Kompasiana memiliki tanggung jawab untuk mengajak penggunanya membuat konten positif," ujar Content Superintendent Widha Karina.

Konten positif yang dimaksud yakni memberikan data yang terkonfirmasi, opini yang konstruktif, menginformasikan cara mitigasi bencana, dan memunculkan optimisme audiens.

"Selain itu kami juga mengajak Kompasianer regional untuk menjadi agen edukasi Covid-19 dengan cara membuat konten berbahasa daerah. Dengan demikian, publik yang minim akses informasi dapat memahami Covid-19 melalui istilah yang akrab bagi mereka," lanjutnya.

Bukan hanya itu. Kompasianer bisa berdonasi melalui konten yang ia buat. Setiap bulannya, Kompasiana membuka peluang bagi para kreator mendapatkan kompensasi berdasarkan PV yang ia peroleh melalui program K-Rewards. Mulai bulan April, Kompasiana menambah opsi "donasi" yang akan disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 melalui Dana Kemanusiaan Kompas.

"Program ini bersifat sukarela," ungkap Community & Product Superintendent Kevin A. Legionardo.

Nah, untuk berpartisipasi, Kompasianer cukup melengkapi data diri dan menyetel mekanisme pencairan dana ke opsi "donasi". Berikut langkah-langkahnya: (1) Pastikan Anda memiliki akun Go-Pay yang sudah teregistrasi di app Go-Jek, (2) Cantumkan kata: DONASI di kolom Go-Pay Anda pengaturan profil akun Anda.

"Sistem donasi akan mulai menghitung (pendapatan) minimal 3.000 views. Berapapun perolehannya, hasil donasi akan tetap disalurkan," lanjut Kevin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com