Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sore Ini, Kemenhub Akan Usulkan Pelarangan Mudik ke Luhut

Kompas.com - 20/04/2020, 16:11 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengaku akan mengusulkan ke Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk melakukan pelarangan mudik pada Lebaran 2020 ini.

Saat ini pemerintah masih mangimbau masyarakat agar tak mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya akan usulkan ke Pak Menko Maritim (Luhut) kalau bisa sekalian saja kita tidak mudik,” ujar Budi dalam telekonferensi, Senin (20/4/2020).

Budi menambahkan, pada sore ini dirinya akan rapat bersama Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait masalah ini.

Baca juga: Bila Larangan Mudik Lebaran Diterapkan, Jalan Tol Akan Ditutup

“Saya berharap secepatnya diambil keputusan. Salah satu agenda (rapat) nanti, kapan kita akan menyampaikan larangan mudik, supaya tidak ragu-ragu,” kata Budi.

Budi menjelaskan, untuk melarang mudik, pemerintah harus mempertimbangkan banyak aspek. Salah satunya aspek ekonomi masyarakat.

“Kita mencoba cari yang terbaik supaya aspek lain tidak terganggu. Minimal tidak terdampak berat,” ucap dia.

Sebelumnya, Luhut mengatakan, tidak tertutup kemungkinan pemerintah melarang mudik secara total. Semua bergantung pada perkembangan Covid-19 di Tanah Air.

"Kalau ternyata peningkatannya makin banyak atau belum turun kelihatannya atau turunnya juga belum signifikan ya bisa saja kita bilang oke tutup saja. Jangan ada dulu," ujar Luhut dalam media briefing, Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com