Siap-siap, Besok Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II

Kompas.com - 20/04/2020, 19:03 WIB
Posko bantuan pendaftaran Program Kartu Pra Kerja di kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Jawa Timur di Surabaya. KOMPAS.COM/A. FAIZALPosko bantuan pendaftaran Program Kartu Pra Kerja di kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Jawa Timur di Surabaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembukaan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua diundur menjadi esok hari, Selasa (21/4/2020).

Sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II dijadwalkan pada hari ini, Senin (20/4/2020).

Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan saat ini manajemen operasional masih dalam proses verifikasi data penerima manfaat Kartu Prakerja gelombang pertama.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 2

"Gelombang kedua jadinya besok, karena kami masih dalam proses mengolah data untuk gelombang pertama," ujar Panji dalam video conference.

Hingga Kamis lalu, terdapat 5,96 juta orang yang telah melakukan registrasi program kartu prakerja dengan 4,42 yang sudah melalui tahap verifikasi e-mail.

Dari data tersebut, dari 3,29 juta yang telah melalui tahap verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), sebanyak 2,78 juta berhasil lolos untuk melalui proses pengacakan sistem untuk bergabung sebagai peserta gelombang pertama program Kartu Prakerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Panji pun berdalih mundurnya pengumuman untuk peserta penerima manfaat Kartu Prakerja gelombang pertama terjadi lantaran proses verifikasi yang dilakukan manajemen dilakukan secara lebih hati-hati.

Baca juga: Harga Kursus Online Kartu Prakerja Dikritik Kemahalan, Ini Penjelasan Pemerintah

Hal itu dilakukan untuk memastikan, penerima manfaat benar-benar orang yang membutuhkan bantuan pemerintah yang masing-masing sebesar Rp 1 juta untuk insentif pelatihan, Rp 2,4 juta berupa insentif seusai pelatihan dan insentif paska survei yang sebesar Rp 150.000.

"Jadi pengumuman gelombang pertama diundur, mengambil langkah ekstra untuk verifikasi karena concern utama kami supaya bantuan benar-benar diterima oleh orang yang butuh," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.