Menperin Melobi BI dan OJK agar Korporasi Dapat Pinjaman Lunak untuk Bayar THR

Kompas.com - 21/04/2020, 21:32 WIB
Ilustrasi gaji, rupiah ShutterstockIlustrasi gaji, rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan berkonsultasi dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar perusahaan bisa utang ke bank untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) para pekerja.

Agus menjelaskan, harapannya bank bisa memberikan sof loan atau pinjaman lunak kepada perusahaan yang akan membayar THR.

"Terkait soft loan ini sedang kami bahas kepada BI dan OJK," katanya dalam Ngopi Bareng Virtual bersama Menperin, Selasa (21/4/2020).

Baca juga: Susi Pudjiastuti Usul Hapus Kemendag dan Kemenperin untuk Berantas Mafia Impor

Dia menjelaskan pelaku usaha kerap bertemu dirinya untuk membahas THR, meski kondisi perusahaan sedang sulit bertahan di masa pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

"Yang saya tangkap ada itikad baik untuk tetap bisa membayarkan kewajiban mereka untuk THR kepada pekerja. Walaupun konsekuensinya mereka harus pinjam uang atau berutang kepada perbankan asal bisa membayarkan THR kepada pekerja," katanya.

Agus Gumiwang pun menjelaskan, pelaku usaha industri telah mencoba berdialog kepada para serikat pekerja selama ini terkait pembayaran THR. Namun, ada yang berhasil dan ada yang gagal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, pengusaha tidak menjamin dapat membayar penuh gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pekerja.

Menurut Haryadi, tidak adanya jaminan tersebut lantaran tidak adanya pemasukkan ke perusahaan akibat dampak dari wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia.

"Sekarang customer-nya tidak datang, tidak ada penjualan, otomatis enggak sanggup karena enggak ada cash inflow. Perusahaan itu kan ditopang adanya cashflow, nah sekarang enggak ada," ujarnya ketika dihubungi beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.