The Fed Bikin Rupiah Tertekan

Kompas.com - 14/05/2020, 10:09 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (14/5/2020) mengalami pelemahan hingga kembali menembus level 14.900.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.58 WIB rupiah berada pada level Rp 14.930 per dollar AS atau melemah 0,44 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.866 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, rupiah dirundung sentimen negatif dari pernyataan Gubernur Bank Sentral AS (Feral Reserve) , Jerome Powell yang menyebut perekonomian akan memburuk dan butuh stimulus tambahan.

“Sentimen negatif kelihatannya masih membayangi pergerakan pasar setelah Powell mengungkapkan pandangannya tersebut,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Menguat, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

Sementara itu, Powell juga menepis kemungkinan the Fed akan menerapkan suku bunga negatif. Hal ini tentunya mampu mendorong penguatan dollar AS di sesi Asia hari ini, sebagai aset safe haven.

“Rupiah mungkin bisa melemah terhadap dollar AS, namun tekanan terhadap rupiah mungkin tidak besar karena banyak investor masih yakin dengan perekonomian Indonesia terbukti dengan tingginya minat terhadap Surat Utang Negara (SUN),” tambah dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran Rp 14.800 per dollar AS sampai dengan Rp 15.000 per dollar AS.

Baca juga: Gubernur The Fed: Resesi Ekonomi Akibat Covid Bakal Berlangsung Lama...



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X