Setelah Lebaran, IHSG Diproyeksikan Melemah

Kompas.com - 25/05/2020, 19:25 WIB
Ilustrasi BEI KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi BEI

JAKARTA, KOMPAS.com – Besok, Selasa (26/5/2020), Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) diproyeksikan akan melemah. Sebelumnya, IHSG ditutup negatif dengan penurunan 0,06 persen pada Rabu (20/5/2020).

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, pelemahan IHSG besok terdorong oleh sentimen ketegangan AS dan China yang mulai kembali memanas.

“RUU keamanan nasional baru China, membuat Beijing punya control yang lebih besar pada Hongkong. RUU ini ditentang Amerika dan berpotensi menimbulkan perang digin kedua Negara yang merupakan ekonomi terbesar dunia saat ini,” kata Hans melalui pesan singkat, Senin (25/5/2020).

Baca juga: Bergerak Fluktuatif, IHSG Ditutup Negatif Sore Ini

Tak hanya China, AS juga sedang berupaya merancan RUU untuk mengawasi perusahaan-perusahaan asing. Namun dengan sentimen kedua negara, AS terfokus pada pada perusahaan – perusahaan China yang ada di AS.

“Tuduhan Trump, China tidak mampu mengatasi pandemi Covid-19 yang menyebar ke seluruh dunia berpotensi menaikan tensi kedua negera. AS merancang undang-undang yang di setujui Senat AS terkait peningkatan pengawasan terhadap perusahaan China,” tambah dia.

RUU tersebut dinilai menjadi sentimen negatif bagi pasar keuangan dan kmenyebabkan emunduran dalam perkembangan pasar modal dunia, khususnya Amerika Seritkat.

Di sisi lain, pelongaran lockdown secara bertahap oleh beberapa negara bagian Amerika dan negara – negara di dunia menjadi sentimen positif.

Baca juga: IHSG Bergerak Fluktuatif Pagi Ini

Namun, kekhawatiran gelombang Covid-19 selanjutnya akan menjadi perhatian pasar, walaupun sejauh ini tidak ditemukan tanda-tanda gelombang kedua Covid-19.

Beberapa pekan kedepan menjadi periode penting bagi pasar keuangan dunia karena pelaku pasar akan mencermati apakah pelongaran lockdown mampu mengembalikan daya beli dan mengembalikan ekonomi kembali normal sebelum pandemi covid 19.

Hans memproyeksikan setelah Lebaran, IHSG akan cenderung konsolidasi melemah di awal pekan dan berpotensi mengalami rebound pada akhir pekan.

Besok, IHSG diprediksi berada pada level support 4.460 sampai dengan 4.317 dan resistance pada level 4.609 sampai dengan 4.726.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X