4 Hal agar Bisnis Startup Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 26/05/2020, 11:10 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup

NEW DELHI, KOMPAS.com – Kebanyakan bisnis di seluruh dunia termasuk startup ( perusahaan rintisan) saat ini sedang menghadapi masa-masa sulit karena pandemi Covid-19. Hal ini lantaran penggalangan dana untuk pendanaan startup mulai berkurang.

Melansir CNBC, Selasa (26/5/2020), Direktur Pelaksana Sequoia Capital India Rajan Anandan mengatakan, saat ini pengusaha berusaha membangun bisnis mereka dengan pemahaman bagaimana pandemi akan mengubah perilaku pengguna dan cara beradaptasi di masa depan.

Ia menyebut program Surge dari perusahaan ventura yang menyediakan modal awal hingga 2 juta dollar AS untuk startup terpilih di Asia Tenggara dan India, mengalami penurunan dalam kegiatan penggalangan dana.

Dari data CB Insights dan Crunchbase, hal ini terjadi karena proyeksi masa depan ekonomi yang lebih buruk. Apalagi, pada kuartal ini perlambatan ekonomi terlihat secara nyata.

Baca juga: Founder Bukalapak Siapkan Jutaan Dollar AS untuk Suntik Startup, Ini Syaratnya

Saat ini, ada lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia yang telah terinfeksi oleh Covid-19. Pandemi juga mendorong ekonomi global mengalami penurunan karena sebagian besar pemerintah menekan kegiatan bisnis untuk menahan laju Covid-19.

Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk mempertahankan bisnis startup ?

1. Pastikan kondisi finansial

Untuk pendiri startup, prioritas untuk memastikan perusahaan tetap berjalan adalah dengan memastikan kondisi finansial perusahaan yang memumpuni untuk kurun waktu tertentu.

“Setelah Anda memiliki finansial yang memadai, fokuslah untuk menyusun kembali bisnis Anda. Jika Anda berada di sektor yang sangat terkena dampak, Anda dapat mempertimbangkan untuk berputar ke segmen yang sama sekali berbeda,” kata Anandan.

Ia menjelaskan, pebisnis startup perlu mengubah cara penjualan, pemasaran dan target market untuk pelanggan baru.

Halaman:


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X