Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2020, 11:10 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW DELHI, KOMPAS.com – Kebanyakan bisnis di seluruh dunia termasuk startup (perusahaan rintisan) saat ini sedang menghadapi masa-masa sulit karena pandemi Covid-19. Hal ini lantaran penggalangan dana untuk pendanaan startup mulai berkurang.

Melansir CNBC, Selasa (26/5/2020), Direktur Pelaksana Sequoia Capital India Rajan Anandan mengatakan, saat ini pengusaha berusaha membangun bisnis mereka dengan pemahaman bagaimana pandemi akan mengubah perilaku pengguna dan cara beradaptasi di masa depan.

Ia menyebut program Surge dari perusahaan ventura yang menyediakan modal awal hingga 2 juta dollar AS untuk startup terpilih di Asia Tenggara dan India, mengalami penurunan dalam kegiatan penggalangan dana.

Dari data CB Insights dan Crunchbase, hal ini terjadi karena proyeksi masa depan ekonomi yang lebih buruk. Apalagi, pada kuartal ini perlambatan ekonomi terlihat secara nyata.

Baca juga: Founder Bukalapak Siapkan Jutaan Dollar AS untuk Suntik Startup, Ini Syaratnya

Saat ini, ada lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia yang telah terinfeksi oleh Covid-19. Pandemi juga mendorong ekonomi global mengalami penurunan karena sebagian besar pemerintah menekan kegiatan bisnis untuk menahan laju Covid-19.

Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk mempertahankan bisnis startup ?

1. Pastikan kondisi finansial

Untuk pendiri startup, prioritas untuk memastikan perusahaan tetap berjalan adalah dengan memastikan kondisi finansial perusahaan yang memumpuni untuk kurun waktu tertentu.

“Setelah Anda memiliki finansial yang memadai, fokuslah untuk menyusun kembali bisnis Anda. Jika Anda berada di sektor yang sangat terkena dampak, Anda dapat mempertimbangkan untuk berputar ke segmen yang sama sekali berbeda,” kata Anandan.

Ia menjelaskan, pebisnis startup perlu mengubah cara penjualan, pemasaran dan target market untuk pelanggan baru.

"Cobalah untuk memahami bagaimana perilaku konsumen dan pembelian yang cenderung berubah karena Covid-19 dan selaraskan strategi Anda sesuai dengan kemungkinan skenario baru yang akan terjadi," tambah Anandan.

Ia menegaskan, jika Anda memiliki modal, maka ini saatnya untuk membangun usaha dan membedakan diri Anda dengan kompetitor.

2. Selesaikan putaran pendanaan dengan cepat

Hemanth Mohapatra, seorang mitra di perusahaan modal ventura Lightspeed India, mengatakan, para pebisnis startup yang memperoleh pendanaan, saat ini harus menyelesaikan putaran mereka sesegera mungkin.

"Saran kami kepada para pebisnis startup adalah untuk menutup putaran mereka secepat mungkin, dan tidak menunggu lama,” kata Hemanth.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com