Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Protokol Kesehatan yang Harus Diterapkan bila Mal Kembali Dibuka

Kompas.com - 26/05/2020, 15:23 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan, pihaknya resmi meliris daftar 60 mal atau pusat perbelanjaan di DKI Jakarta yang akan kembali beroperasi per tanggal 5 Juni 2020.

"Data mal anggota APPBI DKI Jakarta yang akan buka kembali (New Normal) berdasarkan Pergub Nomor 489 Tahun 2020," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (26/5/2020).

Sementara itu, Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan mengatakan, APPBI juga telah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) berupa protokol kesehatan yang akan diterapkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Baca juga: 60 Mal di Jakarta Siap Buka Kembali pada 5 Juni, Ini Daftarnya

SOP ini juga sudah diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Kami sudah siapkan SOP-nya untuk protokol kesehatan (Covid-19) di pusat perbelanjaan seperti apa dan SOP-nya juga sudah diserahkan ke Menko Perekonomian," ujarnya.

Adapun rincian protokol kesehatannya disebutkan Stefanus adalah pertama, antrean pengunjung yang memasuki mal diatur oleh petugas dengan menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing) sejauh 1 meter.

Kedua, pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area mal akan dilakukan menggunakan thermo gun atau scanner.

Baca juga: Pengelola Mal Bantah Ada Pembatasan Usia Pengunjung

Ketiga, jika suhu tubuh pengunjung di atas 37,5 derajat celsius maka pengunjung tidak diperkenankan masuk.

Keempat, antrean berjarak juga diberlakukan ketika pengunjung memasuki toko di dalam mal untuk menghindari kerumunan yang dapat berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19.

Kelima, di seluruh area mal akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala guna menjaga kesehatan pengunjung mal.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com