KILAS

Tetap Bersilaturahim dan Berbagi, Meski Terhalang Pandemi

Kompas.com - 30/05/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi berbagi SasiistockIlustrasi berbagi


KOMPAS.com - Umat Islam di seluruh dunia tengah merayakan Idul Fitri atau Lebaran dengan cara yang berbeda dari tahun–tahun sebelumnya akibat adanya pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Pasalnya, situasi dunia sekarang membuat perayaan Idul Fitri lebih sederhana dan diminta jauh dari hiruk pikuk, serta keramaian dan kerumunan.

Hal ini tentunya membatasi setiap orang saat melakukan silaturahim dengan keluarga dan rekan–rekan terdekat.

Namun, adanya internet dan smartphone menjadi penyelamat masyarakat untuk tetap bersilaturahim secara virtual.

Baca juga: Jawaban Pelatih Persib Bandung Andai Shopee Liga 1 2020 Berhenti

Setiap orang bisa memanfaatkan berbagai aplikasi, seperti Zoom, videocall via Whatsapp, atau telefon untuk tetap bersilaturahim.

Silaturahim atau terus terhubung dengan orang terdekat ini sendiri bermanfaat untuk menurunkan risiko stres dan perasaan terisolasi akibat wabah Covid-19.

Menurut riset yang diterbitkan di Jurnal British Medical Journal pada 2008, kebahagiaan seseorang juga dipengaruhi kualitas hubungan silaturahim.

Seseorang akan lebih bahagia bila punya kualitas hubungan silaturahim yang baik. Sebab, saat berhubungan secara sosial, hormon oksitosin yang memicu kebahagiaan akan dilepaskan.

Baca juga: Besok, Nikmati Rangkaian Promo Puncak THR Ekstra Day dari Shopee

Tradisi berbagi

Selain bersilaturahim, tradisi lain yang sering dilakukan selama lebaran adalah berbagi Tunjangan Hari Raya (THR) dan berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan.

Saling berbagi seperti itu ternyata memiliki manfaat. Sama dengan silaturahmi, saling berbagi juga dapat menumbuhkan perasaan positif dan baik bagi kesehatan mental.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X