ORI017 Bisa Menjadi Alternatif Investasi di Tengah Pandemi

Kompas.com - 10/06/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi virus corona yang telah membatasi pilihan investasi bagi masyarakat, pemerintah menebar kabar gembira.

Rencananya pemerintah akan menawarkan obligasi negara ritel seri ORI017 pada 15 Juni hingga 9 Juli 2020 mendatang.

Mengutip Kontan.co.id, Rabu (10/6/2020), penawaran ORI017 dimajukan oleh pemerintah. Pada awal tahun, pemerintah merencanakan penawaran ORI017 baru dimulai pada Oktober 2020. Sementara pada Juni ini seharusnya pemerintah menawarkan SBR0010.

Namun investor harus sedikit bersabar, pasalnya besaran kupon dan struktur ORI017 baru akan diumumkan besok, Kamis (11/6/2020).

Baca juga: MIND ID Terbitkan Obligasi Global Senilai 2,5 Miliar Dollar AS

Kendati demikian, Fixed Income Portfolio Manager Sucorinvest Asset Management Adi Saputra menyambut baik rencana pemerintah yang memajukan penawaran ORI017.

Adi menilai ORI017 merupakan pilihan investasi yang menarik bagi para investor, khususnya para investor retail di tengah pandemi virus corona saat ini.

“ORI017 jadi alternatif investasi yang menarik karena dari imbal hasil kemungkinan akan lebih besar dibanding deposito dan juga lebih aman. Selain itu, ORI017 juga dapat diperdagangkan di secondary market, sehingga investor bisa menjualnya jika ada kebutuhan uang tunai plus bisa dapat keuntungan capital gain,” ujar Adi ketika dihubungi Kontan.co.id, Rabu (10/6).

Senada, analis Fixed Income MNC Sekuritas Made Adi Saputra juga menyebut ORI017 bisa menjadi instrumen investasi yang layak untuk dikoleksi masyarakat.

Meski ORI017 dari kupon bersifat fixed, kupon tersebut disebut Made tetap jauh lebih menarik dibandingkan dengan deposito yang akan cenderung turun dalam waktu dekat.

Baca juga: Ada 9 Negara Eropa yang Berencana Terbitkan Obligasi Corona, Apa Itu?

“Sementara dibandingkan dengan obligasi negara yang lain, ORI017 jauh lebih murah sehingga cocok bagi yang baru memulai investasi. Ditambah lagi ORI017 sudah serba digital dan online, prosesnya jadi lebih mudah,” jelas Made.

Made juga menilai ORI017 jauh lebih menarik dibanding obligasi korporasi saat ini. ORI017 jauh lebih aman ketimbang obligasi korporasi yang kinerja penerbitnya cukup tertekan oleh ancaman perlambatan ekonomi imbas virus corona.

“Tenor ORI017 pun tidak terlalu panjang sehingga harga relatif tidak volatile. Ditambah lagi dari segi pajak juga lebih murah,” tandas Made.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: ORI017 bisa menjadi investasi alternatif yang menarik di tengah pandemi corona



Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X