Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Berusia 28 Tahun, Apa Saja yang Sudah Dilakukan?

Kompas.com - 13/07/2020, 13:17 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menapaki usianya yang ke-28 tahun pada hari ini, Senin (13/7/2020). Sepanjang usianya, BEI berkontribusi memajukan industri pasar modal dan perekonomian di Indonesia.

Selama 28 tahun perjalanannya, BEI mencatatkan sejumlah pencapaian untuk perkembangan Pasar Modal Indonesia, diantaranya Otomasi Perdagangan dengan Jakarta Automated Trading System (JATS) di tahun 1992.

Kemudian, penerapan Remote Trading di pasar modal yang diimplementasikan pada 28 Maret 2002. Selang 5 tahun kemudian, Bursa Efek Surabaya bergabung dengan Bursa Efek Jakarta dan dilanjutkan dengan milestone berikutnya, yaitu Implementasi JATS Next Generation (Next-G) di tahun 2009.

Baca juga: Kejagung Lelang Online Ferrari 458 Speciale Rp 10 Miliar, Minat?

Tahun 2015, BEI mulai mensosialisasikan Kampanye Yuk Nabung Saham untuk mulai mengajak investor-investor pemula berinvestasi di pasar modal.

Pada 2017, BEI melakukan implementasi Margin Trading Regulation Easing dengan Penyelesaian Transaksi selama 3 tahun berturut-turut sampai dengan tahun 2019, dan berhasil menerima penghargaan HR Asia Best Companies to Work.

Pada 2019, BEI bergabung dengan Sustainable Stock Exchange, dan menambah papan baru perdagangan di tahun yang sama, yaitu Papan Akselerasi. Kemunculan papan akselerasi sekaligus mengelompokkan Indeks kedalam IDX Value 30 dan IDX Growth 30, serta merelaksasi ETF.

Sayangnya, kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada koreksi indeks Harga Saham Gabungan pada tahun ini sebesar 20,13 persen pada level 5.031 hingga 10 Juli 2020 yang lalu. Walau demikian, rata-rata nilai transaksi di bulan Juni mencapai Rp 9 triliun.

Baca juga: Alfamidi Buka Banyak Lowongan Kerja, Simak Posisi dan Syaratnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com