Prospek Kawasan Industri di Subang Menjanjikan

Kompas.com - 14/07/2020, 12:37 WIB
Ilustrasi tenaga kerja konstruksi. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRIlustrasi tenaga kerja konstruksi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Subang, Jawa Barat memiliki potensi industri yang cukup menjanjikan. Oleh karena itu, kawasan industri pun memiliki prospek yang cukup besar di kota tersebut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2018 terdapat 171 industri yang telah menunjukkan eksistensinya di Subang. Mayoritas dari industri tersebut adalah tekstil dengan persentase 42 persen dari total industri yang ada.

Industri lain pun turut meramaikan eksistensi industri di Subang, seperti industri kimia, pangan, kertas, logam, mesin dan perekayasaan, elektronik dan industri aneka.

Baca juga: Menperin: Lokasi Kawasan Industri Terpadu Batang Strategis

Selain itu, Subang juga memiliki fasilitas pengembangan dan produksi bahan peledak modern terbesar di ASEAN.

PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), melalui anak usahanya, yakni PT Suryacipta Swadaya melihat berdasarkan profil-profil industri yang sudah ada, Subang sudah tidak asing lagi dengan keberadaan industri manufaktur.

"Jumlah industri di Subang diperkirakan akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya infrastruktur seperti pelabuhan Patimban dan akses logistik lainnya yang semakin menggugah minat para investor untuk mendirikan usahanya di Subang," kata Senior Marketing Manager Suryacipta Swadaya, Indra Wicaksana dalam keterangan tertulis, Selasa (14/7/2020).

Menurut Indra, satu hal yang juga tak kalah menarik dari Subang bagi para investor yaitu Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) yang kompetitif serta jumlah tenaga kerja yang memadai.

Baca juga: Pengembang Kawasan Industri Dukung Masuknya Investasi Migas di Batam

UMK Subang saat ini adalah yang terendah di Jawa Barat yaitu sekitar Rp 2,9 juta. Apabila dibandingkan dengan empat daerah industri lainnya di Jawa Barat, UMK Subang adalah 33 persen di bawah UMK rata-rata.

Melihat peluang tersebut, Suryacipta Swadaya selaku pengelola kawasan industri dengan pengalaman selama lebih dari 30 tahun telah bergerak cepat untuk melanjutkan kesuksesan di Karawang dengan mendirikan kawasan industri di Subang.

"Harapannya, kawasan industri berkonsep Smart & Sustainable Industrial Township dengan luas 2.000 hektar ini dapat mewadahi semua potensi yang ada di Subang dan membantu para investor untuk menemukan destinasi yang tepat dalam berinvestasi," jelas Indra.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X