Trump Teken Tunjangan Pengangguran Rp 5,8 Juta per Minggu

Kompas.com - 09/08/2020, 20:31 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat di Gedung Putih. EPA via BBC INDONESIAPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat di Gedung Putih.
|

WASHINGTON, KOMPAS.com - Para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di Amerika Serikat akan mendapatkan insentif sebesar 400 dollar AS, atau setara Rp 5,8 juta (kurs Rp 14.600 per dollar AS) setiap minggunya. Insentif tersebut diberikan setelah Presiden Donald Trump menandatangani keputusan pada Sabtu (8/8/2020).

Keputusan tersebut berhasil setelah pembahasan panjang antara Partai Republik dan Partai Demokrat, terkait keberlanjutan program insentif Coronavirus Aid, Relief, and Economic Security Act (CARES Act).

Partai Republik menolak ide pemberian insentif sebesar 600 dollar AS per minggu yang diusung Partai Demokrat, dan hanya mengusulkan insentif sebesar 200 dollar AS per minggu.

Baca juga: 325 TKA China Masuk ke Bintan Kepri

Insentif sebesar 400 dollar AS per minggu merupakan titik tengah antara kedua masukan tersebut. Hal ini juga disebut bukti nyata keseriusan pemerintah AS untuk menangani dampak perekonomian yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

"Kami ingin membantu rakyat kami," ujar Trump, dikutip dari CNBC, Minggu (9/8/2020).

Penutupan aktivitas perekonomian yang dilakukan pemerintah AS untuk meredam penyebaran Covid-19 mengakibatkan hampir 20 juta orang kehilangan pekerjaannya.

Namun, saat ini sekitar setengah dari sektor pekerjaan telah pulih. Menurut laporan nonfarm payrolls, tingkat pengangguran di AS kini berada di level 10,1 persen.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Saring Nomor Rekening Calon Penerima Subsidi Gaji

Kendati jumlah pengangguran di AS masih tinggi, Partai Republik dan Partai Demokrat belum dapat mengambil keputusan terkait keberlanjutan CARES Act yang sudah berakhir pekan lalu.

Selain pemberian insentif untuk pengangguran, Trump juga menandatangani kebijakan penghentian pengusiran, memberikan pembebasan pajak dan menunda pembayaran pinjaman siswa.

"Melalui empat kebijakan ini, kami akan membantu masyarakat AS di tengah masa sulit ini," ucap Trump.

Baca juga: Penggabungan Rumah Sakit BUMN Tinggal Selangkah Lagi



Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X