KILAS

Go Digital, Pemerintah Jatim Ajak UMKM Manfaatkan Program #TerusUsaha Milik Grab

Kompas.com - 18/08/2020, 14:36 WIB
Program #TerusUsaha milik Grab diluncurkan di Jawa Timur, Selasa (18/8/2020). Dok Humas GrabProgram #TerusUsaha milik Grab diluncurkan di Jawa Timur, Selasa (18/8/2020).
|

KOMPAS.com – Pemerintah Jawa Timur (Jatim) merespons positif peluncuran program #TerusUsaha di provinsinya, Selasa (18/8/2020).

Diwakili oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya, Emil Elestianto Dardak, program #TerusUsaha disebut sebagai ekosistem bisnis digital yang baik untuk menciptakan siklus usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) sehingga dapat memberikan banyak manfaat.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik terobosan dan inovasi program #TerusUsaha. Kami percaya program ini dapat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi UMKM juga seluruh lapisan masyarakat,” ujar Khofifah dan Emil saat memberi sambutan.

Lagi pula, kata mereka, program itu dapat berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Timur. Sebab, program tersebut dapat menjadi peluang dan menciptakan jutaan wirausahawan baru.

Baca juga: Hadirkan Program #TerusUsaha di Jawa Tengah, Grab Sasar Pedagang di 55 Pasar Tradisional

“(Untuk itu) kami mengajak seluruh UMKM Jawa Timur untuk #TerusUsaha dan bersama menyongsong ekonomi digital bersama Grab," ujar mereka.

#TerusUsaha bersama Grab

Program #TerusUsaha merupakan rangkaian program yang didedikasikan oleh Grab untuk membantu UMKM agar dapat beradaptasi dan berkembang di tengah situasi new normal.

Program itu mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM, khususnya untuk fokus "go digital".

Saat ini, program #TerusUsaha sudah jalan di beberapa wilayah di Indonesia. Sebelum peluncuran di Jawa Timur, program yang sama juga sudah berjalan di Balikpapan, Manado, Bandarlampung, Palembang, Yogyakarta, Semarang, Bali, Bandung, Medan, dan Makassar.

Baca juga: Lanjut, Grab Luncurkan Program #TerusUsaha di Jawa Barat

Di Jawa Timur, Grab bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk melakukan pelatihan bagi ribuan UMKM. Grab juga mengedukasi UMKM di wilayah Kediri untuk pengenalan layanan digital.

Selain itu, Grab juga bekerja sama menjadi mitra pengantaran aplikasi Lumbung Pangan Jatim untuk mengantar belasan ribu sembako pada masyarakat di 28 kabupaten dan kota yang tersebar di Jawa Timur.

Halaman:
Baca tentang


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X