KILAS

Luncurkan Program #TerusUsaha di Bali, Grab Dukung Transformasi Digital UMKM

Kompas.com - 04/08/2020, 14:01 WIB
Peluncuran program #TerusUsaha di Bali yang diinisasi oleh Grab Indonesia, Selasa (4/8/2020) Dok. Grab Peluncuran program #TerusUsaha di Bali yang diinisasi oleh Grab Indonesia, Selasa (4/8/2020)

KOMPAS.com – Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, Bali cukup mengandalkan pendapatannya dari sektor pariwisata. Bahkan, sektor ini menyumbang sekitar 52 persen untuk pendapatan ekonomi Bali.

Selain itu, sektor pariwisata juga mendorong kemunculan dan pertumbuhan usaha mikro kecil menengah ( UMKM) dan pekerja lepas di Bali dalam beberapa tahun terakhir, termasuk sektor kerajinan, kuliner dan busana.

Riset Tenggara dan CSIS tahun 2019 menunjukkan, kontribusi ekonomi yang diberikan kedua sektor itu sangat signifikan.

Sayangnya, ketika pandemi Covid-19 menyerang, pertumbuhan kedua sektor itu melesu. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali bulan Mei 2020 mencatat, terdapat penurunan jumlah wisatawan sebesar 88,9 persen pada Mei 2020.

Baca juga: Berlanjut, Grab Luncurkan Program #TerusUsaha di Palembang

“Para pelaku usaha dari semua sektor termasuk pariwisata di Bali jelas terkena imbas dari pandemi yang terjadi. UMKM tentunya diharapkan bisa menjadi sektor lokomotif, atau penggerak ekonomi di Bali,” ucap Head of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya dalam keterangan tertulis.

Karena itulah, kata Halim, digitalisasi menjadi hal yang mendesak. Apalagi jika melihat perubahan perilaku konsumen yang tengah terjadi, sekaligus manfaatnya untuk menghemat waktu dan biaya operasional.

Oleh karena itu, Grab Indonesia meluncurkan program #TerusUsaha. Program ini merupakan solusi yang didedikasikan untuk membantu UMKM agar dapat beradaptasi dan berkembang di era kenormalan baru dan era ekonomi digital.

Setelah sukses diluncurkan di Manado, Palembang, Bandar Lampung, Balikpapan, Yogyakarta, dan Jawa Tengah, Grab meluncurkan program tersebut di Bali, Selasa (4/8/2020).

“Program #TerusUsaha yang kami hadirkan di Bali bertujuan mendukung percepatan digitalisasi UMKM melalui rangkaian pelatihan dan pemanfaatan teknologi yang sejalan dengan komitmen jangka panjang GrabForGood,” paparnya.

Baca juga: Grab Luncurkan Program #TerusUsaha, Kini Giliran Yogyakarta

Halim berharap, pelaku industri pariwisata dan UMKM di Bali bisa bangkit dan siap menyambut siklus bisnis baru di era new normal dengan teknologi.

Halaman:
Baca tentang


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X