Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedua Kalinya Untuk Tahun Ini, Boeing Bakal PHK Pegawai

Kompas.com - 18/08/2020, 16:48 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen pesawat yang berbasis di AS, Boeing menyatakan bakal menawarkan paket pemutusan hubungan kerja atau PHK secara sukarela yang disertai dengan upah serta tunjangan kepada pegawainya.

Dengan demikian, untuk kedua kalinya tahun ini Boeing bakal melakukan PHK terhadap karyawannya lantaran terhantam oleh pandemi virus corona (Covid-19).

Dikutip dari Reuters, Selasa (18/8/2020) CEO Boeing Dave Calhoun mengatakan tawaran tersebut bakal diberikan kepada pegawai penerbangan komersi serta bisnis layanan jasa.

"Sayang sekali, PHK adalah hal yang sulit namun harus dilakukan untuk menghadapi realitas baru, menjaga likuditas dan memposisikan diri kami untuk kembali tumbuh," ujar Calhoun dalam catatan kepada pegawainya.

Baca juga: Boeing Rugi Rp 35 Triliun dalam Tiga Bulan

"Kami mengantisipasi dan melihat pasar yang jauh lebih kecil dalam tiga tahun ke depan," ujar dia.

Krisis keuangan yang menghantam produsen pesawat asal Amerika Serikat tersebut menambah tekanan yang dialami Boeing. Pasalnya, perusahaan itu sebelumnya juga harus berhadapan dengan pembekuan produksi serta penghentian penerbangan untuk armada 737 MAX selama tahun setelah mengalami dua kecelakaan fatal.

Perusahaan pun tidak memasang target kali ini, dan meminta karyawan yang merasa bersedia untuk di PHK secara sukarela untuk mendaftarkan diri.

Baca juga: CEO Boeing Prediksi Satu Maskapai AS Bakal Gulung Tikar akibat Corona

Langkah untuk memperpanjang pengurangan tenaga kerja secara keseluruhan melebihi target awal 10 persen dilakukan sebagai tindak lanjut dari masukan yang diberikan oleh karyawan.

Untuk diketahui, pada April lalu Boeing telah mengatakan bakal memangkas 160.000 tenaga kerjanya atau sekitar 10 persen dari keseluruhan jumlah karyawan. Banyak di antata pegawai yang di PHK berasal dari divisi pesawat komersil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com