KILAS

Berbekal Layanan Grab, Pelaku UMKM Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 18/08/2020, 19:11 WIB
Survei CSIS dan Tenggara menemukan bahwa pelaku UMKM merasakan manfaat, seperti kenaikan omzet penjualan, sejak bergabung dengan layanan Grab. Dok. Grab Indonesia.Survei CSIS dan Tenggara menemukan bahwa pelaku UMKM merasakan manfaat, seperti kenaikan omzet penjualan, sejak bergabung dengan layanan Grab.
Penulis Agung Dwi E
|

KOMPAS.com – Pemanfaatan teknologi digital, seperti layanan Grab, di masa pandemi Covid-19 ternyata mampu memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat. Hal ini dialami Sumarni (42), salah satu pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Surabaya, Jawa Timur.

Di tengah UMKM lain mulai merasakan krisis akibat pandemi, Toko Jaya Merr milik Sumarni justru dapat bertahan.

“Saya (bahkan) bisa mempertahankan karyawan satu-satunya yang sudah membantu sejak pertama kali membuka usaha,” tutur Sumarni.

Kemampuan bertahan di masa pandemi tersebut berkat keterbukaan Sumarni dengan layanan digital GrabKios milik Grab. Saat mengetahui layanan tersebut, ia pun tertarik untuk bergabung.

Ia sadar, untuk memajukan usaha, adaptasi dengan teknologi diperlukan. Mulanya, Sumarni berpikir akan kesusahan untuk menyesuaikan diri. Namun, ia justru menemui hal sebaliknya.

“Menjadi agen GrabKios ternyata mudah dan hanya perlu modal handphone (HP). Saya bisa langsung mengerti sejak pertama kali menggunakan,” imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Riset Tenggara dan CSIS: Teknologi Grab Tingkatkan Peluang Gig Economy Surabaya

Usai bergabung, Toko Jaya Merr menambah jenis layanan kepada konsumen, seperti layanan finansial dan digital. Layanan tersebut mampu mendongkrak omzet penjualan.

Tokonya pun ramai. Konsumen bisa membeli pulsa, token listrik, membayar tagihan, serta mentransfer uang. Layanan transfer uang bahkan meningkat dua kali lipat selama pandemi lantaran orang-orang takut pergi ke bank.

Meski begitu, Sumarni mengaku tetap harus bekerja keras agar dipercaya konsumen. Ia selalu bersikap ramah dan melayani konsumen dengan baik. Contohnya, meski sudah larut, ia tetap melayani pelanggan yang ingin membeli token listrik.

“Dengan mengandalkan teknologi, saya bisa bertahan dan bisa terus membiayai kuliah anak, serta mulai menabung emas dari smartphone,” tuturnya lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.