Kemnaker: 6 dari 10 Pekerja Perempuan Bekerja di Sektor Informal

Kompas.com - 19/08/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi pekerja THINKSTOCKS/ASKOLD ROMANOVIlustrasi pekerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan Haiyani Rumondang menyatakan bahwa pekerja perempuan bekerja di sektor informal mulai meningkat.

Merujuk hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Februari 2020, sebanyak 61,35 persen pekerja perempuan mulai menunggangi sektor informal.

"Selain dari itu, di sektor informal lebih luas lagi. Sebanyak 61,35 persen atau sekitar 6 dari 10 pekerja perempuan bekerja di sektor informal," ucapnya dalam webinar virtual Kompas Talk, Rabu (19/8/2020).

Para pekerja perempuan ini banyak mendominasi pada beberapa sektor pekerjaan. Yakni, sektor pertanian, kehutanan, perdagangan serta industri pengolahan.

Baca juga: Perusahaan dan Pekerja yang Tak Penuhi Syarat Harus Kembalikan Subsidi Gaji

"Peluang dan kesempatan bagi perempuan untuk mengembangkan potensinya sekarang ini makin terbuka. Saat ini perempuan berpartisipasi dalam lapangan kerja memang didominasi tiga sektor, pertanian, kehutanan, termasuk perdagangan besar dan industri pengolahan," katanya.

Kendati bekerja di sektor informal, lanjut dia, perempuan tetap harus mengutamakan posisinya sebagai ibu rumah tangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Inilah data Sakernas yang menunjukkan kenyataannya kepada kita. Ini juga didukung oleh motivasi kaum perempuan untuk bekerja, tetapi tidak bisa meninggalkan kewajibannya sebagai rumah tangga," ujarnya.

Sementara itu, hasil survei Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) menunjukkan, keberagaman gender di tempat kerja telah membantu hasil usaha perusahaan meningkat, terutama dalam hal peningkatan laba dan produktivitas.

"Sekitar 77 persen dari 400 perusahaan Indonesia yang mengikuti survei ILO mengungkapkan manfaat keberagaman gender dalam usaha mereka," tulis laporan ILO.

Adanya campur tangan perempuan dalam bisnis dan manajemen pada perusahaan-perusahaan di Indonesia, sebanyak 66 persen melaporkan peningkatan laba dan produktivitas serta kreativitas inovasi.

Lalu, 53 persen peningkatan reputasi perusahaan dan sebanyak 46 persen adanya pekerja perempuan mampu memenuhi kebutuhan dan keperluan pelanggan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.