Ma’ruf Amin: Tingkat Literasi Kuangan Syariah Nasional Baru 8,93 Persen

Kompas.com - 25/08/2020, 17:20 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin saat menghadiri peringatan Hari Konstitusional 2020 secara virtual, Selasa (18/8/2020). Dok. KIP/SetwapresWakil Presiden Maruf Amin saat menghadiri peringatan Hari Konstitusional 2020 secara virtual, Selasa (18/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, tingkat literasi keuangan syariah nasional baru mencapai 8,93 persen. Hal tersebut dia ketahui berdasarkan laporan dari Otoritas Jasa Keuangan di 2019 lalu.

“Sedangkan index inklusi keuangan syariah nasional 9,1 persen,” ujar Ma’ruf, Selasa (25/8/2020).

Ma’ruf menambahkan, dengan tingkat inklusi keuangan syariah yang masih rendah ini pemerintah perlu bekerja keras untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang perkembangan ekonomi syariah di Tanah Air.

Baca juga: Erick Thohir Mau Gabungkan Bank Syariah, Ini Respon Bos BSM

“Dengan index inklusi yang masih rendah memberikan kita peluang melakukan perluasan layanan keuangan syariah, khususnya menggunakan basis digital pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” kata dia.

Untuk merealisasikan hal tersebut, lanjut Ma’ruf, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 28 tahun 2020 tentang komite nasional ekonomi dan keuangan syariah.

“Tugasnya (komite ini) untuk mempercepat dan memperluas dan memajukan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi nasional,” ucap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ma’ruf, masyarakat Indonesia saat ini telah terbiasa bertransaksi secara digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Untuk itu, dia berharap semakin banyak platform digital berbasis syariah untuk semakin mempermudah masyarakat.

“Saya harapkan layanan Syariah LinkAja dapat meghadirkan inovasi dan terobosan layanan yang dapat mendukung ekosistem ekonomi Syariah secara luas termasuk industri halal,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.