Kompas.com - 27/08/2020, 21:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Serapan anggaran Kementerian Perdangan (Kemendag) baru mencapai Rp 1,5 triliun hingga 26 Agustus 2020. Serapan ini hanya 53,8 persen dari pagu anggaran tahun ini.

"Serapan anggaran Kemendag 53 ,8 persen dari pagu pasca penghematan yang sebesar Rp 2,9 triliun," ungkap Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (27/8/2020).

Menurut Agus, ada beberapa alasan yang menyebabkan masih sangat rendahnya serapan anggaran Kemendag. Salah satunya terdapat proyek pembangunan revitalisasi infrastruktur perdagangan yaitu pasar rakyat, gerai maritim dan gudang yang masih berlangsung.

Baca juga: Antam: Harga Emas Masih Bisa Naik

"Anggarannya sebesar Rp 395,8 miliar pada belanja barang yang selama ini masih proses pengerjaan," kata dia.

Selain itu, terdapat kegiatan-kegiatan yang pelaksanaannya harus menyesuaikan dengan agenda pihak lain. Seperti, pertemuan-pertemuan internasional dan pameran dagang di luar negeri.

Ia mencontohkan, pelaksanaan Dubai World Expo 2020 akan ditunda hingga tahun depan. Meski begitu pembangunan paviliunnya ada di tahun ini.

Kendati serapan masih rendah, Agus memproyeksikan serapan anggaran Kemendag di sisa empat bulan tahun ini akan mencapai 2,7 triliun. Nilai itu setara 94,5 persen dari pagu anggaran tahun ini.

"Kemendag akan terus berupaya mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan, serta penyerapan anggaran agar sasaran strategis dan indikator kinerja bisa tercapai sesuai ditargetkan pada akhir 2020," kata Agus.

Baca juga: Bappenas Prediksi Jumlah Pengangguran Tahun Ini Capai 11 Juta Orang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.